Penyambutan Malam Tahun Baru Imlek di Sintang Berlangsung Meriah

0
24
Antusias masyarakat untuk menyaksikan tradisi penyambutan malam tahun baru Imlek 2574 diwilayah pasar Sungai durian Sintang sangat luar biasa(FOTO – IST)

LINTASKAPUAS| SINTANG – Tradisi penyambutan malam tahun baru Imlek 2574 di wilayah pasar Sungai Durian Sintang pad Sabtu malam(21/1/2023) berlangsung meriah.

Kemeriahan ditandai dengan Antusiasme masyarakat Kabupaten Sintang dari berbagai suku, etis dan agama sengaja datang hanya untuk menyaksikan tradisi perayaan tahun baru Imlek oleh warga Tionghoa yang di pusatkan di Waterfront. kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang, Sabtu (21/1/2023) malam

Tradisi perayaan tahun baru Imlek 2574 juga disaksikan langsung Bupati dan wakil Bupati Sintang Jarot Winarno -Melkianus, Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan, Kapolres Sintang serta sejumlah Anggota DPRD Sintang dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

FOTO – IST

Atraksi hiburan yang menjadi tradisi bagi masyarakat Tionghoa dalam rangka merayakan tahun baru Imlek di Kabupaten Sintang seperti pertunjukan barongsai, Festival Lampion serta sejumlah pertunjukan atraksi lainnya.

Tradisi perayaan Imlek tahun ini disambut masyarakat dengan sangat antusias, pertunjukan Barongsai pada malam tersebut juga ditampilkan mulai dari ini Vihara Dewi Kwan Im kemudian berkeliling menuju Klenteng Kuan Ti dan menuju Vihara Hati Mulia. Berbeda sekali dengan 2 tahun belakangan dimana perayaan Imlek di tiadakan karena Pandemi Covid-19 yang melanda sejak dua tahun belakangan ini..

Meskipun penyambutan malam tahun baru Imlek sepat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap menikmati hiburan yang berbagai atraksi dan pertunjukan yang berlangsung.

Tidak hanya itu, Tradisi penyambutan malam tahun baru Imlek di kabupaten Sintang ternyata juga dijadikan masyarakat sebagai sarana untuk menambah matapencaharian.

Foto – IST

Tampak puluhan pedagang jajanan berjualan di pinggir jalan disepanjang jalan Brigjen Katamso dan diseputaran klenteng Kuan Ti.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat kabupaten Sintang untuk menjadikan Perbedaan sebagai alat perekat bukan sebagai alat pemecah belah antar sesama.

“Dalam Kesempatan ini, saya sebagai Wakil Bupati mewakili pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat hari ulang tahun Imlek ke 2574 bagi masyarakat Tionghoa yang merayakan, ” ucap Melkianus.

Melkianus juga mengajak seluruh masyarakat Sintang untuk tetap saling peduli antar sesama dan lingkungan agar tetap selalu tercipta keharmonisan yang selama ini menjadi Jargon dari Pemerintah kabupaten Sintang.(Hryan)