Anggota Satgas Pamtas RI – Malaysia Adalah Wakil Negara

0
442
Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang langsung melakukan pemeriksaan kesiapan Satgas Pamtas Batalyon 642 Kapuas

LINTASKAPUAS I SINTANG – Sebanyak 450 Anggota Tentara Negara Indonesia(TNI) dari Batalyon Yonif 642 Kapuas akan diberangkatkan mengikuti Operasi Pamtas RI – Malaysia Wilayah Sektor Barat Provinsi Kalimantan Barat.

Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang langsung melakukan pemeriksaan kesiapan personil serta perlengkapan yang dibutuhkan selama menjalankan tugas Operasi pengamanan diwilayah perbatasan bertempat di Markas Batalyon Yonif 642 Kapuas, senin(31/8).

Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam arahannya menyampaikan bahwa Anggota TNI yang bertugas dalam Operasi merupakan anggota TNI pilihan.

“Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua Anggota TNI memiliki kesempatan memgikuti Operasi Pamtas seperti ini. karena personil yang terlibat dalam operasi ini merupakan pilihan. dan ini menjadi sebuah kehormatan yang harus dijaga ” ungkap Aritonang.

Mantan Danrem 121 Abw Kalbar ini menegaskan bahwa personil TNI yang melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan merupakan wakil Negara.
“Perlu kalian ketahui bahwa kalian bertugas disana itu bukam mewakili satuan, bukan mewakili Korem, Kodam maupun Institusi. tapi Kalian mewakili Negara Republik Indonesia, ” Ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa Anggota yang berangkat menjalankan tugas negara adalah sebuah kehormatan dan pulang kebanggaan. “tugas ini adalah sebuah kehormatan dan pulang adalah sebuah kebanggaan. tak ada keberhasilan tanpa pengorbanan tidak ada pengorbanan yang sia-sia. Negara telah memberikan yang terbaik kepada kita oleh karena itu berikan yang terbaik kepada negara Indonesia, ” katanya.

Tipoan Aritonang juga menegaskan bahwa Satgas Pamtas tugasnya tidak hanya mencari dan menjaga Patok Batas Wilayah Negara tapi juga mesti bisa menanamkan jiwa nasionalisme dan nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara kepada masyarakat yang ada diwilayah perbatasan.
“Tugas kalian tidak hanya mencari dan menjaga patok batas wilayah. akan tetapi kalian harus bisa menanamkan jiwa nasionalisme dan nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara kepada masyarakat Kita yang ada diperbatasan.

Selain itu, lanjut Aritonang, selama dalam menjalankan tugas negara, jangan lupa lebih dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maka Esa, “pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan riksiapops yaitu Asop kasad Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si, Kasdam Brigjen TNI Jaka Budi , Kolonel Laut (T) Tjatur Hendrawidjaja, S.T. ( Paban VII/BMN Slog TNI ), Kolonel Chb Sony Wellem Pondang, ( Paban II/Kom Skomlek TNI ) , Kolonel Caj Drs. Muhammad Zaid, M.M., ( Waka Pusbintal TNI ), Kolonel Ckm Dr Moh. Birza Rizaldi, Spog, M.A.R.S., ( Kabiddukkesops Puskes TNI ), Letkol Ridwan Ali Abdul, ( Plh Pabandya-1/Siapopsdagri Paban IV/Opsdagri Sops TNI ) dan Balakdam XII/Tpr, Kasrem 121/Abw, Kolonel Kav. Aloysius Nugroho Santoso serta para Kasi Korem 121/Abw.