Antisipasi Karhutlabun, Polsek Muara Pawan Gencar Lakukan Patroli Rutin

0
121
Bhabinkamtibmas Polsek Muara Pawan, Bripka Helan bersama tim gabungan, Saat mengunjungi wilayah yang rawan kebakaran. (Foto Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Dalam langkah mengantisipasi serta mencegah Kebakaran Hutan, Lahan dan Kebun (Karhutlabun). Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Pawan Polres Ketapang mengerahkan seluruh para Bhabinkamtibmasnya untuk gencar melakukan patroli rutin di setiap daerah yang rawan terjadi kebakaran.

Hal ini seperti yang dilakukan salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Muara Pawan Polres Ketapang, Bripka Herlan yang rutin melaksanakan patroli terpadu dengan melakukan pemantauan wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan serta menyambangi posko pencegahan pengendalian karhutla di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kamis (13/08/2020), pukul 09.00 WIB.

Dalam giat patrolinya, Bripka Herlan melaksanakan patroli bersama anggota Koramil, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa sungai Awan Kiri di seputaran hutan batas desa untuk memantau daerah hutan desa yang memang setiap tahunnya sering dilanda kebakaran.

“Wilayah hutan desa ini sering terjadi titik api mengingat selain tekstur tanah nya mayoritas gambut dan juga wilayah ini didominasi rumput kering yang mudah terbakar pada musim kemarau,” ujar Bripka Herlan.

Lanjut Bripka Herlan menjelaskan, selain melakukan pemantauan lahan, tim gabungan juga melaksanakan sambang ke pemukiman desa untuk melakukan himbauan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam pencegahan karhutla di wilayah hukum Kecamatan Muara Pawan khususnya di desa sungai awan kiri.

Sementara itu, Kapolsek Muara Pawan IPDA Bagus Tri Baskoro, saat dikomfirmasi menjelaskan, kegiatan patroli terpadu ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Polsek Muara Pawan bersama instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun di wilayah hukum Polres Ketapang terkhusus wilkumnya.

“Kerjasama ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk antisipasi potensi Karhutlabun di wilayah hukum Polsek Muara Pawan,” ungkapnya.

Selain itu Kapolsek Muara Pawan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Ketapang khususnya warga Kecamatan Muara Pawan agar tidak melakukan kegiatan membahayakan yang dapat menyebabkan kebakaran.

“Apabila ada yang mengetahui oknum warga yang melakukan pembakaran atau mengetahui munculnya titik api di suatu lahan segera melapor ke Mapolsek Muara Pawan untuk ditindaklanjuti,” tukasnya.(Ags Fy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here