Dukung SEBAYU Upaya Mendorong Pemekaran Kapuas Raya

0
144
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Sintang Florensius Ronny saksikan pelantikan DPD Sebayu Se-Kapuas Raya

LINTASKAPUAS | SINTANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Florensius Ronny mendukung penuh dengan upaya Serumpun Bangsa Melayu(Sebayu) untuk mendorong Pemekaran Provinsi Kapuas Raya yang selama ini didambakan masyarakat wilayah timur Kalimantan barat.

“Kami mendukung penuh dengan upaya Sebayu untuk ikut memperjuangkan pemekaran Provinsi Kapuas raya yang menjadi dambaan oleh seluruh masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan barat, ” ungkap Florensius Ronny saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Sebayu Se- Kapuas Raya yang berlangsung di Rumah jabatan Bupati Sintang, Minggu(11/12/2022)

 

Menurut Legislator Daerah Pemilihan Sintang III, Dedai – Kelam Permai dan Sungai Tebelian ini bahwa pemekaran provinsi Kapuas Raya merupakan kebutuh mendesak yang selama ini menjadi dambaan seluruh masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan barat.

“Pemekaran Kapuas Raya ini merupakan keinginan dari masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan barat mulai dari Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu, oleh sebab itu kita berharap pemerintah Pusat untuk merealisasikan pemekaran Kapuas raya ini, ” ucapnya.

 

Ketua DPRD termuda se indonesia ini juga menjelaskan bahwa jumlah penduduk Kalimantan barat saat ini mencapai lima juta lebih dengan luas wilayah 147. 275 kilometer persegi.

” Kalimantan barat ini merupakan provinsi terluas ketiga di Indonesia, sehingga panjang jarak menjadi kendala dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. oleh sebab itu, dengan adanya pemekaran ini dapat memperpendek rentan kendali yang berdampak positif terhadap efektivitas dan efisiensi, dan pastinya akan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan barat,” Jelas Ronny.

 

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sintang ini juga menambahkan bahwa pemekaran provinsi Kapuas Raya secara teknis sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan.

“Provinsi Kalimantan barat sebagi provinsi induk juga sudah menyetujui dengan adanya pemekaran ini, mulai dari persiapan pembangunan sarana dan prasarana provinsi Kapuas Raya. Sehingga, untuk pemekaran ini kita tinggal menunggu restu dari pemerintah pusat untuk merealisasikannya, mengingat Pemekaran Provinsi Kapuas raya ini merupakan keinginan dari seluruh masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan barat, ” pungkasnya.