Gelar Operasi Keselamatan Kapuas, Kapolres Ajak Masyarakat Disiplin Berlalu Lintas

0
326
Foto: Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, saat memimpin apel. (Foto HPK.

LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Kepolisian Resort (Polres) Ketapang Polda Kalbar melaksanakan “Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Kapuas 2024” di halaman Mapolres Ketapang Jalan Brigjend Katamso, Sabtu (2/3/2024) pagi. Kegiatan Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian.

Saat membacakan amanat Kapolda Kalbar, Kapolres mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan operasi keselamatan kapuas 2024 guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Selain itu, dalam amanatnya Kapolda Kalbar juga menyampaikan apresiasi kepada suluruh instasi dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan apel gelar pasukan keselamatan kapuas di Mapolres Ketapang.

“Tujuan dari pelaksanaan operasi ini adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah Hukum Polda Kalimantan Barat,’ ucap Kapolres.

Lanjutnya, Selain itu, kegiatan ini tidak hanya sebagai pengecekan kesiapan personel, tetapi juga sebagai bentuk sinergitas antara Polri dengan instansi terkait untuk memastikan operasi Kepolisian berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam Operasi Keselamatan Kapuas kali ini, Kapolres menerjunkan sebanyak 45 Personil Polres Ketapang.

“Untuk Polres Ketapang sendiri, menurunkan 45 personel yang nanti dalam pelaksanaan tugas dilapangan akan bergabung dengan personel dari instansi lainnya,” jelasnya.

Kapolres juga menjelaskan ada beberapa sasaran yang akan dilakukan dalam operasi kali ini yakni, potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi mengganggu kamseltibcar lantas baik sebelum, maupun pada saat pasca operasi.

“Kepada personel yang terlibat laksanakan langkah preemtif meliputi deteksi dini terhadap kemacetan, petakan lokasi yang menjadi titik rawan pelanggaran, kemacetan serta rawan kecelakaan, lakukan tindakan preventif berupa himbauan kepada masyarakat melalui berbagai media terkait tata tertib berlalu lintas.

Kemudian, Berikan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu Lintas serta jalin langkah langkah partnership dan sinergi dengan pihak pihak yang terlibat sehingga keberhasilan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 ini menjadi tanggung jawab kita bersama yang harus dipenuhi dengan baik,” tegasnya.

Tak hanya itu, Kapolres Ketapang juga mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam Operasi Keselamatan untuk memperkuat soliditas serta menjaga koordinasi dengan sesama demi mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

“Dengan demikian, diharapkan operasi ini dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Ketapang,” tukasnya.

Untuk diketahui kegiatan apel tersebut dihadiri oleh jajaran forkopimda ketapang dan instansi terkait serta tamu undangan lainnya.

(Ags)