Gereja HKBP Sola Gratia Ketapang Diresmikan

0
32
Foto: Bupati dan Wakil Bupati Ketapang bersama pihak Gereja HKBP saat memegang Prasasti yang sudah ditandatangani. (Ist)

LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Bupati Ketapang Martin Rantan SH.,M.Sos dan Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si menghadiri Pesta Peresmian Gereja HKBP Sola Gratia Ketapang, pada Minggu (03/03/2024) bertempat di Jalan Rangga Sentap Sukaharja.

“Gereja ini dibangun atas kesadaran kesadaran dan kemandirian serta swakelola jemaat, karena merasakan bahwa beribadah kepada Tuhan sangatlah penting dalam pembinaan iman sebagai orang Kristen pengikut Yesus Kristus Raja Gereja yang Kudus,” ujar Bupati menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut Bupati mendukung sebagai Pemerintah Daerah setiap pendirian rumah ibadah dalam hal ini Gereja dan dalam prosesnya sesuai alur dan aturan yang berlaku.

“Ini telah dilakukan oleh Gereja HKBP Ketapang sehingga atas perkenan Tuhan boleh berdiri rumah ibadah ditempat ini,” ucap Bupati.

Bupati juga merasa bangga dimana HKBP bisa hadir di Ketapang sebagai wadah untuk menghimpun suku Batak dan beribadah dalam bahasa daerah sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan hingga anak cucu.

“Berdirinya HKBP di Ketapang ini diharapkan semakin mengokohkan Kebhinekaan walaupun berbagai etnis suku dan agama di Ketapang ini, namun tetap satu tujuan membangun Ketapang menjadi negeri bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan berakhlak,” tuturnya.

Pertemuan hari ini, menurut Bupati menunjukkan persatuan dan kesatuan yang semakin kuat sehingga menimbulkan ketentraman dan semangat dalam mewujudkan keharmonisan masyarakat di Ketapang ini.

“Pembinaan dan pembangunan dibidang agama mempunyai kedudukan dan peran penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Ketapang,” ujar Bupati.

“Oleh karena itu mari sama-sama kita jaga ketenangan dan kejernihan dalam bertindak maupun berfikir, sehingga tidak mudah terpancing isu-isu yang belum pasti dan mampu mengatasi persoalan hidup dengan bijaksana serta jadilah Gereja ini membawa damai dan menjadi berkat bagi umat serta masyarakat Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Prosesi peresmian gereja ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati dan Wakil Bupati Ketapang dan dilanjutkan dengan peninjauan Gereja yang telah diresmikan.

(Ags)