Kades Nanga Libas Gunakan 1,5 Miliar Uang Negara Untuk Karaoke

0
71
Kades Nanga Libas, Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi, berisial KK kenakan rompi tahanan korupsi sebelum dikirim ke Lapas kelas II B Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Kepala Desa Nanga Libas Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi dengan inisial KK terpaksa ditahan Kejaksaan Negeri Sintang karena diduga telah melakukan Tindak Pidana Korupsi Anggaran Dana Desa sebesar 1,5 miliar lebih.

Parahnya lagi, ternyata uang hasil korupsi digunakan tersangka KK untuk foya-foya mulai dari karaoke hingga membeli kendaraan pribadi hanya saja kendaraan hasil korupsi tersebut sudah dijual.

“Dari hasil pemeriksaan sementara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap tersangka, ternyata hasil korupsinya digunakan untuk biaya foya-foya mulai dari karaoke hingga membeli mobil pribadi,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, Porman Patuan Radot saat menggelar pers release di Kantor Kejari Sintang, Kamis(23/3/2022).

Menurut Kajari Sintang, alokasi Anggaran Dana Desa seyogianya diperuntukkan untuk kebutuhan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa bukan untuk kepentingan pribadi.

“Anggaran Dana Desa itu merupakan anggaran yang dikucurkan negara sehingga peruntukannya memang untuk membangun kemajuan desa, mulai dari pembangunan fasilitas umum, jalan desa, balai desa, MCK umum dan lain sebagainya. Jadi, tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi,” pungkas Kajari.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pidana dalam Pasal 3 junto Pasal 8 ayat 1 huruf b Undang-Undang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2021 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 65 ayat 1 KUHP.