Ketua DPR – RI Resmikan waterfront Sintang

0
232
Sambutan Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam agenda peresmian Waterfront Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Puan Maharani resmikan waterfront Sintang yang dibangun oleh Kementerian PUPR bertempat di Jl. Katamso, kompleks pasar Sungai Durian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada minggu(19/3/2023).

Puan mengatakan, Waterfront merupakan salah satu program kegiatan penataan kawasan kumuh dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Republik Indonesia.

“Kalau tidak salah, berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa kawasan ini merupakan kawasan banjir. meskipun tidak bisa menahan banjir. Namun dengan adanya fasilitas ini banjir tidak langsung menerjang permukiman warga, ” katanya.

Puan juga mengatakan bahwa Waterfront Sintang bisa menjadi salah satu ikon wisata karena lokasinya berada diwilayah strategis dan memiliki keindahan alam dengan panorama bukit kelam yang disuguhkan.

“Kalau saya lihat Waterfront Sintang ini sangat Kren, dan bagus. pasilitas ini tentu akan menjadi sarana rekreasi wisata dan tempat olah raga bagi masyarakat Sintang.

Biasanya, Lanjut Puan, setiap daerah itu pasti memiliki ikon sebagai ciri khas dari kota tersebut. dan kalau saya dengar -dengar tadi ikon Kabupaten Sintang itu ada gunung kelam, dan ternyata sekarang bisa kita pandang dari sini langsung, yang kedua rumah Betang ensaid panjang dan keraton. insyaallah habis dari sini saya akan berkunjung kerumah Betang ensaid panjang, ” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga menyampaikan kepada pemerintah daerah untuk memelihara serta menjaga fasilitas bangunan yang sudah diserahkan langsung oleh kementerian PUPR RI. ” kepada Bapak Bupati, Silahkan pelihara dan jaga aset yang sudah diserahkan ini, lengkapi fasilitas pendukung yang belum ada khususnya toilet umum, karena setiap pengunjung pasti membutuhkan fasilitas tersebut, ” ungkap nya.

Ia juga menyampaikan bahwa waterfront Sintang kini menjadi salah satu ikon wisata yang menjadi milik seluruh masyarakat kabupaten sintang “untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif menjaga fasilitas yang sudah ada khususnya bagi pelaku usaha agar mematuhi ketentuan yang sudah diatur serta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. mari budayakan hidup ramah lingkungan, ” ajaknya.

Sementara itu Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kabupaten sintang, Abdul Supriyadi merasa bangga karena Waterfront yang baru dibangun diresmikan langsung oleh Ketua DPR-RI.

“Saya sangat senang dan bangga dengan peresmian ini, karena di kabupaten sintang sendiri belum ada ikon sebagai ciri khas di kota. Selama ini orang hanya mengetahui bahwa di sintang hanya ada gunung kelam dan kraton saja” kata Abdul Syufriyadi.