Ketua DPRD Berharap Anggaran Satker Kementerian Berdampak Kepada Masyarakat Sintang 

0
198
Ketua DPRD Sintang menghadiri rapat penyerahan DIPA APBN 2023 dan Penandatanganan Fakta Integritas oleh kuasa pengguna anggaran satuan kerja kementerian dan lembaga dilingkungan pemerintah Kabupaten Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Florensius Ronny berharap kepada seluruh Satuan Kerja(Satker) yang sudah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran(DIPA) APBN 2023 agar bisa segera direalisasikan diawal tahun 2023.

“Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana implementasi serta kualitas anggaran. harapan kita agar segera dilaksanakan diawal tahun supaya masyarakat bisa merasakan dampaknya, ” ungkap Florensius Ronny saat menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran(DIPA) kepada 12 Satuan kerja(Satker) diwilayah Kantor pelayanan Perbendaharaan Negara(KPPN) Sintang.

 

Bupati Sintang, Jarot Winarno secara simbolis menyerahkan DIPA APBN 2023 kepada 12 Satuan Kerja diwilayah KPPN Sintang disaksikan langsung Ketua DPRD Sintang serta dilanjutkan dengan Penandatangan Fakta Integritas oleh kuasa pengguna anggaran satuan kerja kementerian/lembaga di Kabupaten Sintang, berlangsung di pendopo Bupati Sintang, Kamis (22/12/2022)

 

Ketua DPRD Termuda Se- Indonesia ini juga mengatakan bahwa DPRD Sintang sebagai Lembaga Legislatif akan ikut mengawal penggunaan uang rakyat yang sudah dikucurkan melalui APBN tersebut sehingga memberikan manfaat optimal bagi masyarakat luas.

Bupati Sintang menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran(DIPA) APBN 2023 kepada 12 Satuan Kerja kementerian dilingkungan pemerintah Kabupaten Sintang

“Yang pastinya dalam penggunaan anggaran yang sudah ada mesti sejalan dengan program prioritas yang sudah ditetapkan dalam visi dan misi Pemerintah saat ini, ” ungkap Legislator Daerah Pemilihan Sintang III ini kepada lintaskapuas.com.

 

Politisi partai Nasional Demokrat(Nasdem) Kabupaten Sintang ini, berharap, untuk penggunaan anggaran tahun 2023 agar memprioritaskan pengembangan Sumber daya Manusia(SDM) melalui pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pertanian, pariwisata dan sektor produktif lainnya.

“Harapan kita bersama semoga anggaran yang sudah diterima bisa segera direalisasikan diawal tahun 2023 sebagai langkah upaya pemulihan ekonomi yang beberapa tahun belakangan ini mengalami penurunan akibat dampak Pandemi Covid-19, ” Harap Florensius Ronny.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Anggaran Pendapatan dan belanja Negara(APBN) Tahun 2023 mencapai 3.061, 2 Triliun yang terdiri dari total belanja pemerintah pusat sebesar 2024,5 Triliun rupiah.

sementara transfer dana ke daerah sebesar 817,7 triliun rupiah yang diserahkan dan dikelola kepada seluruh daerah yang adai wilayah Republik Indonesia. khusus untuk Kabupaten Sintang mendapatkan data Transfer dari pemerintah pusat tahun 2023 sebesar 1, 699 Triliun.