Koramil 1203-13/MHS, Gelar Apel Siaga Karhutla

0
113
Foto saat mengecek peralatan damkar satgas MHS. (Agsfy)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Koramil 1203-13/MHS Kodim 1203/Ktp, menggelar apel gabungan tingkat kecamatan bersama Instansi terkait di halaman kantor PT PSL ( Putra Sari Lestari ) Desa Sungai Nanjung, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Selasa (2/3/2021) Pagi.

Kegiatan Apel gabungan tersebut diikuti personel TNI-Polri, Pihak Kecamatan serta melibatkan Satuan Damkar PT PSL dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari Desa Sungai Nanjung dan Desa Pagar Mentimun.

Kegiatan Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Matan Hilir Selatan, AKP Supangandi, yang didamping Sekcam MHS Anwar, Bati Tuud Koramil 1203-13/Mhs, Pelda Baharudin serta PJ. Kades Sungai Nanjung Ridwan Ikhwanus.

Danramil 1203-13/Mhs melalui Bati Tuud Koramil 1203-13/Mhs, Pelda Baharudin saat dikonfirmasi, menerangkan, tujuan diadakannya apel gelar ini adalah dalam rangka gelar kesiapsiagaan menghadapi karhutla, apalagi saat ini kita memasuki musim kemarau, selain itu apel gelar ini juga bertujuan mengecek perlengkapan damkar.

“Langkah ini juga merupakan antisipasi dini sebelum terjadi karhutla di wilayah,” ungkapnya.

Lanjut Pelda Baharudin menjelaskan, Matan Hilir Selatan termasuk wilayah yang berpotensi tinggi terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan, Pada dasarnya kebakaran itu disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama, faktor alam dan kedua, disebabkan oleh manusia sendiri.

“Untuk itu saya mewakili Dandim Ketapang, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta dan Danramil 13/Mhs, Kapten Chb Saudi, mengajak segenap masyarakat Kecamatan Matan Hilir Selatan dan Kecamatan Benua kayong, Mari kita sikapi kondisi musim kamarau ini lebih bijak, dengan tidak membakar sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar hutan untuk membuka lahan karena sanksi pidananya secara tegas sudah diatur didalam undang-undang,” tukasnya. (Agsfy)