Masuk Kampus, AJK Kenalkan Jurnalistik Kepada Mahasiswa dan Adakan MoU Bersama Politeknik

0
134

Sesi foto bersama Ketua AJK dan Direktur Politeknik usai menandatangani MoU. (Ags)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) menggelar kegiatan AJK masuk kampus di Politeknik Negeri Ketapang, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatangan Memorandum of Undetstanding (MoU) kerjasama antara AJK dengan Politeknik Ketapang, Selasa (21/3/2023).

Sesi foto bersama mahasiswa Politeknik dan AJK usai kegiatan. (Ags)
Dalam kesempatan tersebut AJK melalui pemateri Ahmad Sofi memberikan pelatihan jurnalistik dasar melalui pengenalan produk jurnalistik dan penggunaan media sosial yang benar.

Saat dikonfirmasi, Direktur Poltek Ketapang, Irianto mengaku menyambut baik program AJK masuk kampus yang perdana dilakukan di Poltek Ketapang. Diakuinya kegiatan AJK masuk kampus tentu memberi manfaat bagi mahasiswa dan pihak kampus terutama dalam mengetahui apa saja produk jurnalistik dan penggunaan medias sosial yang benar.

“Apalagi mahasiswa menjadi pihak yang banyak menggunakan media sosial baik untuk kebutuhan publikasi momen sehari-hari atau penyebarluasan tulisan maupun berita, sehingga penting mereka mengetahui informasi seperti apa yang layak disebarluaskan dan apa saja produk jurnalistik,” katanya, Selasa siang.

Irianto melanjutkan, mahasiswa ada yang belum tertib dalam penulisan maupun penggunaan medsos padahal di era yang semakin maju, semakin banyak aturan yang mengikat dan mengatur penggunaan media sosial agar tidak kebablasan dan merugikan diri sendiri serta orang ramai.

“Termasuk melalui pelatihan-pelatihan penulisan tentu dapat bermanfaat dalam pembuatan tugas akhir atau prakter kerja sehingga kita menaruh harapan dengan adanya program AJK masuk kampus dan MoU antara AJK dan Politeknik dapat membantu dalam hal ini baik berupa bagaimana cara meningkatkan minat menulis atau cara mengutip dan mencari referensi,” harapnya.

Selain itu, dengan adanya MoU ini pihaknya berharap ke depan setiap kegiatan Politeknik atau kemahasiswaan di setiap prodi yang memang memerlukan narasumber berkaitan dengan penulisan hingga produk jurnalistik maka tentu dapat dibantu dengan mendatangkan narasumber dari pihak AJK.

“Misalkan seperti kuliah tamu atau agenda himpunan mahasiswa yang berkaitan dengan jurnalistik, maka rekan-rekan AJK bisa hadir memberikan dan membagikan pengetahuan dan pengalamannya,” mintanya.

Sementara itu, Ketua AJK Ketapang, Theo Bernadhi mengatakan kalau kegiatan AJK masuk kampus merupakan bagian dari cara menjaga konsistensi pihaknya untuk tidak sebatas menjadi wadah berkumpul dan advokasi anggota, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat termasuk lewat dunia pendidikan yakni lewat program AJK masuk kampus.

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Politeknik Ketapang karena telah menyambut baik program AJK masuk kampus terlebih dengan dilaksanakannya penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara Poltek dan AJK, ini menjadi langkah awal untuk terus bersinergi dalam hal positif ke depannya,” akunya.

Theo melanjutkan, dalam kegiatan AJK masuk kampus pihaknya memberikan pelatihan dasar jurnalistik dan pengenalan jurnalistik kepada mahasiswa Politeknik dan setelah MoU dilakukan tentunya pihak siap dan bersedia menjadi narasumber dalam kegiatan kemahasiswaan di Politeknik sesuai tema-tema berkaitan dengan penulisan jurnalistik dan tema terkait lainnya.

“Lewat MoU ini AJK dan Politeknik bekerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang pembelajaran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Politeknik melalui pelatihan-pelatihan khususnya berkaitan dengan penulisan dan pengenalan jurnalistik,” tukasnya.

(Ags)