Paguyuban Jawa Ketapang Gelar Silaturahmi Akbar Megengan

0
120

Sesi Foto Bersama Saat Kegiatan Acara. (Ist)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Paguyuban Jawa Ketapang menggelar silaturahmi akbar Megengan yang digelar di rumah adat jawa atau rumah joglo yang terletak di Jalan Lingkar Kota Kelurahan Sukaharja, Minggu (19/3/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan selain untuk mempererat silaturahmi juga dalam rangka persiapan menyambut bulan suci ramadan.

Saat dikonfirmasi, Ketua Paguyuban Jawa Ketapang, Achmad Sholeh mengatakan silaturahmi akbar yang digelar pihaknya mengambil tradisi adat Jawa menjelang bulan Ramadan atau disebut Megengan.

“Ini bentuk rasa syukur atas berkah Ramadan sekaligus meminta perlindungan kepada Allah SWT dan meminta kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa serta memudahkan semua urusan, Megengan ini juga merupakan wujud mempererat hubungan silaturahmi antar sesama umat manusia,” katanya, Minggu siang.

Sholeh melanjutkan, Megengan sendiri bisa diartikan sebagai ‘menahan’, yang di bulan Ramadan berarti menahan nafsu manusia. Yang mana Megengan ini merupakan tradisi jelang bulan Ramadan, yang dilakukan oleh umat muslim di jawa yang mana dalam Megengan itu, selain melantunkan bacaan ayat-ayat suci Al Quran, juga menukarkan berkat makanan yang dibawa oleh masing-masing kepala keluarga.

“Itu lah yang mendasari adap Guyub Rukun dan bisa juga diartikan untuk menjadi ajang mempererat hubungan silahturahmi antar masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, diakuinya pihaknya yang merupakan
sebagian kecil masyarakat Jawa yang ada diketapang ingin melestarikan budaya yang ada
sehingga apa apa yg menjadi cita-cita orang tua pada zaman dulu bisa terwujud.

“Kegiatan ini dihadiri Forkompinda dan seluruh paguyuban-paguyuban lokal sebanyak 15 paguyuban dan DPC Paguyuban Jawa Tingkat Kecamatan,” tukasnya.

(Ags)