Pemkab Serahkan Tujuh Ekor Sapi Hewan Kurban Ke Beberapa Masjid di Ketapang

0
57
Wakil Bupati Ketapang Farhan, didampingi PJ. Sekda dan Kepala BPKAD, menyerahkan hewan kurban ke pengurus Masjid Al Ikhlas, Senin (19/7/2021). (Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menyerahkan tujuh ekor sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1442 Hijriah.

Adapun ketujuh ekor hewan kurban tersebut diserahkan ke beberapa masjid di Ketapang yakni, Masjid Agung Al-Ikhlas, Masjid Baitul Khair Desa Ulak Medang, Masjid Baitussalam Sukaharja, Surau Syuhada Kelurahan Kantor, Masjid Darul Hikmah Kelurahan Banjar, Masjid Baitul Amal Desa Sungai Besar dan Masjid Manarul Huda Pematang Gadung.

Penyerahan hewan kurban tersebut diserahkan Wakil Bupati Ketapang H.Farhan bersama jajaran pada Minggu dan Senin, 18-19 Juli kemarin.

“Yang paling utama perayaan hari raya kurban itu digerakkan oleh masyarakat itu sendiri, bantuan dari Pemda Ketapang ini adalah bantuan yang bertepatan dengan hari Raya Idul Adha,” ujar H.Farhan, di Masjid Agung Al-Ikhlas, Senin (19/7/2021).

Sebelum disembelih, tim dokter hewan dari Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Rata-rata seluruh hewan kurban dinyatakan sehat dan tidak memiliki gejala penyakit serius.

“Alhamdulillah, setelah diperiksa, rata-rata sehat. Karena kita di Ketapang tidak seperti di daerah lain yang ada pasar hewan atau penjual khusus. Rata-rata kita ini dibeli dari peternak langsung,” papar drh. Eko.

Setelah disembelih, daging hewan kurban ini kemudian akan dibagikan ke masyarakat kalangan tak mampu, termasuk pondok pesantren. Tak hanya untuk warga disekitar masjid namun juga untuk warga lain yang layak menerima daging kurban.

Untuk diketahui, Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang tahun ini menerima 15 ekor sapi dan enam ekor kambing. Hewan kurban itu akan disembelih pada hari raya idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah yang bertepatan dengan 20 Juli 2021. (Agsfy)