Polres Ketapang Pastikan Arus Lalu Lintas Berjalan Lancar di Perayaan Cap Go Meh

0
71

Foto saat rangkaian kegiatan Cap Go Meh, di halaman Mapolres Ketapang. (Foto Ags)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Rangkaian kegiatan Cap Go Meh dalam rangka tahun baru Imlek 2003 di Kabupaten Ketapang dimulai. Acara dimulai dengan ritual buka mata naga di Kelenteng Tua Pek Kong, Jalan Merdeka, Jumat (03/02/2023).

Dari pantauan, usai buka mata naga, arak-arakan naga menyambangi instansi pemerintah. Seperti Kantor Bupati, Pengadilan Negeri, DPRD, Kodim 1203, Polres, Kejaksaan dan kantor Bank Kalbar.

Kegiatan juga disambut antusias masyarakat Ketapang. Terbukti banyak yang berbondong – bondong menyaksikan pertunjukan itu hingga membuat arus lalu lintas menjadi ramai.

Kapolres Ketapang, melalui Kasat Lantas, AKP Angga Pribadi mengatakan, Cap Go Meh rencananya akan dilaksanakan hingga 6 Februari. Guna mengatasi macet, pihaknya sementara melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Jadi saat naga mulai berjalan usai ritual buka mata naga, kita lakukan pengalihan arus lalu lintas sementara dekat simpang panca motor sejak pukul pukul 07.30,” kata Kasat Lantas.

Angga menjelaskan, arakan naga sendiri dimulai dari Pek Kong tua. Kemudian masuk ke Jalan A Yani, menuju ke sejumlah kantor pemerintah, termasuk Polres.

“Kita nilai Cap Go Meh saat ini lebih ramai dari dua tahun sebelumnya, namun arus lalu lintas dapat diatasi.
Semua lancar, tidak ada kematecatan jalan raya. Jauh sebelumnya sudah kita antisipasi,” jelasnya.

Terkait dengan rangkaian kegiatan Cap Go Meh, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama pengendara agar tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Utamakan keselamatan dalam lalu lintas.

“Mungkin ada yang menonton di jalan raya, mohon agar tidak masuk dalam badan jalan. Demikian juga parkir di tempat yang sudah disediakan, serta mengunci stank motor untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian,” tukasnya.

(Ags)