Polres Sintang Berhasil  Membekuk 6 Sindikat Pengedar Narkoba

0
142
Pers release Pengungkapan kasus Sindikat pengedar narkoba di pimpin langsung Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian didampingi Kasi Intel Kejari Sintang, BNN dan Kasat Narkoba Polres Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Satuan Reserse Narkoba Polres Sintang berhasil membekuk 6 sindikat pengedar Narkoba serta barang bukti Narkoba jenis Sabu dengan waktu dan tempat yang berbeda.

Pengungkapan kasus Sindikat pengedar narkoba tersebut disampaikan langsung Kapolres Sintang, Tommy Ferdian, Kamis (6/10/22), di Halaman Mapolres Sintang.

Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian mengatakan, bahwa dari enam tersangka tesebutl tiga diantaranya didapati memiliki Barang Bukti (BB) narkotika jenis sabu. Diantaranya tersangka E, H dan Y.

“Ada 6 tersangka yang berhasil kita amankan, namun khusus tersangka yang kita dapati memiliki BB secara langsung ada tiga,” ujar Tommy.

Untuk kasus pertama yang berhasil diungkap jelas Tommy, yakni tersangka E. Dimana tersangka berhasil diamankan oleh anggota jajarannya pada Senin, 15 Agustus 2022 lalu, di Jalan Ade Irwan, Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang Kota.

“Dari tangan tersangka berhasil diamankan BB narkotika jenis sabu seberat 10, 4 gram. Pengungkapan kasus E ini berawal dari pengembangan terhadap penangkapan kasus narkoba yang sebelumnya dilakukan,” katanya.

Sementara Kasus kedua jelas Kapolres dengan tersangka inisial H. Dari tangan tersangka berhasil diamankan BB narkotika jenis sabu seberat 41,61 gram. Tersangka berhasil diamankan pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Jalan MT Haryono, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang.

“Tersangka ini berhasil kita amankan berdasarkan dari laporan masyarakat. Kita memperoleh informasi bahwa akan ada seseorang membawa narkotika jenis sabu dari Pontianak untuk diedarkan di wilayah hukum Polres Sintang. Berdasarkan informasi tersebutlah petugas melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan,” terangnya.

Kasus ketiga yakni tersangka Y. Dimana BB yang diamankan paling banyak diantara dua kasus sebelumnya, yakni narkotika jenis sabu seberat 118,36 gram atau sekitar 1,1 ons. Tersangka berhasil diamankan pada Minggu 25 September 2022. TKP Jalan Sintang- Pontianak, Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Tebelian, Sintang.

“Kasus ini terungkap dari penyelidikan petugas yang mana diperoleh informasi dari masyarakat bahwa tersangka memiliki sabu. Tersangka Y pun mengakui ada menyimpan sabu di rumahnya di Jalan M Nurdin, kelurahan Mekar Jaya, kecamatan Sintang. Setelah itu petugas melakukan pengeledahan dan berhasil menemukannya,” pungkasnya.

Setelah dilakukan press release tersebut, BB narkotika sabu tersebut pun dimusnahkan oleh Kapolres Sintang didampingi perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sintang dan perwakilan dari BNN Sintang.