Puluhan Pemuda Peduli Demokrasi Berdiskusi, Theo Bernadhi: Pemuda Harus Berani Berinovasi

0
211
Foto: Sesi foto bersama usai kegiatan diskusi. (Ist)

LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Pemuda Muhammadiyah Ketapang bersama dengan gerakan forum diskusi Mari Bicara dan Kita Mulai Kita Bisa, menggelar Bincang Demokrasi Pasca Pemilu 2024. Kegiatan yang digelar di hotel Pawan Bay Inn diikuti puluhan anak muda yang tergabung dari berbagai organisaai kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan, Jumat (7/6/2024) siang.

Selain anak-anak muda, kegiatan tersebut diikuti masyarakat umum dan beberapa pengacara muda yang ada di Ketapang.

Kegiatan yang dipandu pembaca acara Affriza dan Dwiki Septa mengalir santai dan penuh diskusi, dengan pemateri diantaranya Ketua Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK), Theo Bernadhi, Caleg terpilih pada Pileg 2024, Ery Setiawan, mantan Caleg Dapil 7, Syahril.

Ketua Pemuda Muhammdiyah Ketapang, Santoso Setio mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan membuka ruang-ruang diskusi khususnya untuk kaum muda.

“Ini sebagai ruang diskusi lebih terarah dengan narasumber yang sesuai kompetensinya,” katanya.

Tio sapaan akrabnya berharap, melalui kegiatan diskusi seperti ini, terus tercipta anak-anak muda Ketapang yang berani untuk tampi dan kritis terhadap kebijakan pemerintah maupun bersuara terhadap realitas sosial yang ada hari ini.

Sementara itu, pelopor gerakan Kita Mulai Kita Bisa, Affriza mengatakan kegiatan “Bincang Demokrasi Pasca Pemilu 2024” ini di selenggarakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah bekerjasama dengan Forum Diskusi Mari Bicara dan Gerakan Kita Mulai Kita Bisa.

“Kegiatan diskusi ini sebenarnya adalah kegiatan rutin yang sudah beberapa kali secara berkala kita laksanakan. Tujuannya untuk menghidupkan ruang-ruang diskusi dan memberikan ruang kepada kawan muda untuk menyampaikan pendapatan mereka khususnya sesuai tema diskusi yang kebetulan hari ini bertema refleksi pemilu 2024,” tuturnya.

Affriza berharap kegiatan dapat terus konsisten digelar dan ke depan semakin banyak kawan-kawan muda khususnya OKP dan Gerakan mahasiswa maupun pelajar yang akan ikut bergabung dalam kegiatan berikutnya.

Sementara itu, Ketua AJK, Theo Bernadhi mengapresiasi gerakan yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah dan Forum diskusi Mari Bicara dan Kita Mulai Kita Bisa dengan menggelar diskusi soal bincang demokrasi pasca pemilu 2024 ini.

“Anak-anak muda perlu banyak ruang untuk saling berdiskusi dan mengisi, lewat kegiatan seperti ini tentu tidak hanya terjalin silaturahmi tapi para anak muda diminta berpikir dan berani berbicara untuk hal-hal positif tentunya,” katanya.

Theo menilai, kegiatan yang digelar Pemuda Muhammadiyah dan forum diskusi Mari Bicara dan Kita Mulai Kita Bisa ini tentu menjadi bentuk kecintaan terhadap Ketapang tercinta dan wujud dari ikhtiar agar ke depan banyak para pemuda yang tidak hanya menjadi instrumen pelengkap kemenangan dalam kontestasi Pemilu dan Pilkada, tetapi menjadi bagian penting dalam meraih kemenangan dan mengawal pemerintahan yang berjalan.

“Ke depan saya berharap banyak organisasi dan pihak lainnya yang merutinkan kegiatan forum diskusi seperti ini, agar banyak wadah khususnya para pemuda untuk menuangkan pikiran dan jangan takut untuk dikritiki bahwa kegiatan diskusi dianggap tidak bermanfaat, sebab kegiatan ini merupakan wujud ikhtiar dan bentuk rasa cinta terhadap Kabupaten ini,” tegasnya.

Sementara itu, Caleg terpilih pada Pileg 2024 lalu, Ery Setiawan mengaku mendukung kegiatan-kegiatan para pemuda yang ada di Ketapang termasuk diskusi seperti yang digelar oleh Pemudah Muhammadiyah dan forum diskusi Mari Bicara serta Kita Mulai Kita Bisa.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini dan siap mensuport kawan-kawan pemuda untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti ini dengan konsep-konsep yang bervariasi,” tukasnya.

(Ags)