Ronny : Petani Adalah Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional 

0
17
Penanaman bibit Cabai milik petani desa Gurun Kempadi secara simbolis oleh Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

LINTASKAPUAS | SINTANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Florensius Ronny mengatakan bahwa Petani merupakan ujung tombak ketahanan pangan nasional. karena petani merupakan produsen yang menyediakan pangan kepada masyarakat.

hal tersebut disampaikannya saat menggelar masa reses nya ke Desa Riam Kempadi kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang kemarin.

Saat berdialog dengan masyarakat, Politisi muda Partai Nasional Demokrat ini menyampaikan bahwa pemerintah berserta DPRD Kabupaten Sintang akan terus mensupport demi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sintang khususnya dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sintang.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah Kabupaten Sintang terutama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang untuk mendukung serta menampung apa yang menjadi aspirasi masyarakat. aspirasi yang disampaikan, bisa kami tampung dan perjuangan. sehingga apa yang menjadi cita-cita demi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dapat terwujud, “ungkap Florensius Ronny.

Menurut Wakil Rakyat Daerah pemilihan Sintang 3 ini mengatakan bahwa ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. ” kita berharap pemerintah kabupaten Sintang mampu merumuskan serta mengimplementasikan terkait dengan kebijakan kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional di Kabupaten Sintang, “ucapnya.

Ia juga menyampaikan, ketahanan pangan sangat strategis dalam geoekonomi dan geopolitik. Pangan bisa menjadi alat diplomasi di masa depan, selain air dan energi sehingga petani dituntut untuk kreatif dan berinovatif guna meningkatkan produksi pertanian.

“Kami dari DPRD Sintang meminta kepada Dinas Pertanian untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan petani demi untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian petani dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kehidupan yang lebih baik. Selama ini petani telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan pertanian dan pembangunan ekonomi perdesaan yang ada di kabupaten Sintang. ” pungkasnya.