Sekda Ajak Seluruh OPD dan ASN Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir

0
155

Foto Sekda Ketapang, Alexander Wilyo. (Istimewa)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Ketapang dalam beberapa hari terakhir yang menyebabkan terjadinya bencana banjir di beberapa Kecamatan yang ada di Ketapang. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Ketapang untuk turut serta bahu membahu mengumpulkan donasi untuk para korban terdampak banjir.

Saat dikonfirmasi, Sekda mengatakan bahwa imbauan itu disampaikan pihaknya melalui surat edaran resmi yang ditujukan kepada seluruh OPD yang ada di Ketapang.

“Surat sudah disebarkan, untuk itu kita imbau agar seluruh OPD dan ASN turut serta mengumpulkan bantuan yang layak dan diutamakan berupa makanan seperti mie instan, ikan kaleng dan kebutuhan lainnya,” ungkapnya, Minggu (9/10/2022).

Sekda melanjutkan, bahwa bantuan tersebut bisa disalurkan kepada korban banjir melalui Posko Bantuan Banjir yang dipusatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang atau dapat menghubungi nomor 085252300800 atas nama Kadarisman.

“Tentu dengan bantuan yang disalurkan oleh Pemda serta donasi dari OPD dan ASN pasti akan sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terkena dampak banjir ini,” tuturnya.

Selain itu, Sekda juga meminta agar seluruh Camat yang ada di Ketapang untuk tidak meninggalkan wilayah kerjanya masing–masing guna memantau situasi dan kondisi serta melaporkan keadaan di wilayahnya masing–masing kepada Bupati Ketapang Cq. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ketapang.

“Ini penting sebagai langkah cepat kita melakukan penanggulangan jika terjadi banjir, Camat dan para Kades harus saling berkomunikasi dan berkoordinasi terkait kondisi wilayah masing-masing,” tegasnya.

Sekda juga mengimbau dengan curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Ketapang yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, angin puting beliung dan tanah longsor maka diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang yang ada di sekitar pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah dan sungai diharapkan untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor.

“Kepada seluruh pengendara kendaraan, agar berhati–hati berkendaraan, karena jalanan lincin serta menghindari jalan yang berpotensi banjir dan tanah longsor dan apabila terjadi banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, segera laporkan/informasikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ketapang dengan Nomor Telepon/Whatsapp 085252153025,” imbaunya.

Untuk diketahui curah hujan tinggi dalam kurun waktu beberapa hari terakhir membuat sejumlah desa di beberapa Kecamatan di Ketapang dilanda banjir, diantaranya Kecamatan Jelai Hulu, Manis Mata serta beberapa kecamatan lainnya.

(Ags)