Sekjen Kementerian LHK Prioritaskan Pemulihan Lingkungan dan DAS Kapuas

0
76
Sekjen KLHK Gelar Kunjungan Kerja ke Kabupaten Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M. melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang pada Kamis, 25 November 2021.

Kedatangan KLHK ke Sintang agar kedepannya bisa berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, Gubernur Kalimantan Barat, dan para Bupati di Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Sanggau serta Kubu Raya sebagai hilir Sungai Kapuas.

“Kita harus lakukan sinergisitas antara pusat dan pemerintah daerah dalam melihat landscape ekosistem yang ada di Kalimantan Barat. Kita akan upayakan pemulihan lingkungan dan ekonomi menjadi bagian penting yang harus dilakukan,” kata Bambang.

“Apabila sudah diketahui penyebab banjir, pemerintah akan membuat kebijakan dalam mengembalikan pemulihan fungsi perlindungan hutan, DAS dan sub DAS,” kata Bambang

“Memulihkan kembali DAS Kapuas sangat penting sehingga kalau bisa seperti dulu lagi. Pembangunan yang berwawasan lingkungan itu harus sesuai dengan prinsip yang sesuai dengan kearifan lokal yang . Penanaman kembali pohon juga akan kita lakukan, terutama jenis pohon yang memiliki akar yang menguatkan tanah untuk menghindari terjadinya longsor” terang Bambang.(win)