Sintang Butuh Aturan Penataan Rumah Kost

0
519

Tuah Mangasih
SINTANG | Anggota DPRD Kabupaten Sintang Tuah Mangasih mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang agar membuat rancangan Peraturan Daerah mengenai rumah kost yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kost-kostan di Kabupaten Sintang ini seperti jamur di musim hujan, banyak sekali dan terkesan perizinannya terlalu lunak sehingga tidak ada dasar hukum untuk pengawasan dari Pemerintah Kabupaten Sintang,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang kepada wartawan kemarin

Politisi PDIP ini mengatakan bahwa Pemerintah Sintang melalui instansi terkait perlu duduk satu meja dengan pemilik rumah kost untuk mencari solusi bagaimana mengantisipasi agar anak muda di Kabupaten Sintang tidak terjerumus dengan hal-hal yang tidak baik.

“Ini menjadi salah satu bahan kita agar Pemerintah Kabupaten melalui instansi terkait dapat membuat rancangan perdana tentang rumah kost, bukan hanya untuk pajak namun bagaimana penghuni kost tersebut bisa berlaku dengan baik. Apalagi yang kost ini biasanya masih tergolong muda dan labil,” katanya.

Wakil Rakyat yang sudah menjabat Empat Periode ini menungkapkan dengan adanya Peraturan Daerah mengenai rumah kost, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait bisa melakukan koordinasi dengan pemilik rumah kost dalam menanggulangi dan mengantisipasi kenakalan remaja.

“Pemilik rumah kost didata dan diundang untuk duduk satu meja. Disitu Pemerintah Kabupaten Sintang bisa menekankan kepada pemilik kost untuk mempunyai tanggung jawab moral tak hanya mencari keuntungan belaka,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Tuah Mangasih, jika Peraturan Daerah mengenai rumah kost terbentuk, pemilik kost dapat mengambil tindakan berdasarkan peraturan yang ada sehingga tak hanya menjadikan rumah kost tersebut sebagai penghasilan namun juga mengambil peran dalam pembentukan karakter.

“Pemilik rumah kost juga merasa serba salah, mau terlalu garang nanti malah tak ada yang mau ngekost ditempat mereka, namun jika ada Peraturan yang mengikat maka mau tak mau mereka harus bertindak tegas,” pungkasnya.