Wabub Gelar Kegiatan RPJMD Bersama Forkopimda Ketapang

0
58
Foto saat kegiatan Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026 di Grand zury Hotel Ketapang. (Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Wakil Bupati Ketapang H.Farhan menggelar kegiatan rapat Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 di Ball Room Hotel Grand Zuri Ketapang, Rabu (9/6/2021)

Selain Wakil Bupati kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Ketapang M.Febriadi, unsur pimpinan Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemda Ketapang serta tamu undangan.

Wakil Bupati Ketapang H.Farhan, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang kali ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Ketapang Tahun 2021- 2026.

Dijelaskan H.Farhan, Agenda penting lainnya setelah Musrenbang ini selesai dilaksanakan, akan dilanjutkan dengan penyampaian dan pembahasan Raperda RPJMD 2021-2026 ke DPRD yang akan disampaikan pada Minggu ke-3 (tiga) pada bulan Juni 2021, sebelum dilakukan Evaluasi oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Lebih lanjut diakui H.Farhan, bahwa RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 berfungsi Sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Strategis Perangkat Daerah (RENSTRA) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RENJA).

“ Pertumbuhan ekonomi daerah yang cendrung melambat dan turun akibat pandemi covid 19, maka dari itu pengurangan kemiskinan, pengangguran dan perbaikan kualitas sumber daya manusia daerah serta kesenjangan antara wilayah menjadi fokus utama perencanaan pembangunan 5 (lima) tahun Kedepan, yang dituangkan dalam visi dan misi Kabupaten Ketapang 2021-2026,” ujarnya.

Selain itu, mengakhiri kata sambutannya H.Farhan mengajak semua orang dalam Musrenbang RPJMD Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026 ini untuk melakukan penajaman.

Semantara itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Harto, dalam laporannya menyampaikan Musrenbang ditujukan untuk penajaman, penyelarasan ,klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Selain itu, di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M.Febriadi, juga mengajak pemerintah Kabupaten Ketapang untuk bersama-sama bersinergi dan menjalin hubungan yang baik serta komunikasi yang baik dengan Bupati, Gubernur, dan lainnya.

Tak hanya itu, melalui musrenbang ini, ia juga berharap antara legislatif dan eksekutif selalu kompak dan tidak ada kesalahpahaman sehingga pembangunan daerah tidak terhambat sesuai dengan visi misi Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Ketapang. (Agsfy)