Wakil Ketua DPRD Sintang Ajak Masyarakat Saling Menghromati di Bulan Ramadhan

0
625

Terry Ibrahim
LINTASKAPUAS I SINTANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim meminta kepada seluruh masyarakat untuk saling menjaga dan menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah

“Dalam berpuasa, umat Muslim diwajibkan untuk mampu menahan segala hawa nafsu duniawinya mulai dari menahan lapar dan haus, serta menjaga kebersihan hati dari rasa dengki dan amarah, oleh sebab itu masyarakat yang lainnya harus saling menghormati, ” ungkap Terry kepada Sejumlah awak media kemarin.

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, kemuliaan, rahmat dan ampunan bagi umat Muslim. Tentunya umat Muslim akan mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai ibadah, khususnya puasa karena diwajibkan.

Olehkarenannya, Terry  mengimbau kepada masyarakat non-Muslim agar menghormati umat Muslim yang menunaikan ibadah puasa. Salah satu caranya adalah dengan tidak makan dan minum di tempat umum, saat umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa.

“Mari kita hormati saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum di tempat umum,” ucap legislator daerah pemilihan (Dapil) Sintang II yang meliputi Kecamatan Binjai Hulu, Ketungau Tengah, Ketungau Hilir, dan Ketungau Hulu.

Dia menyebut, sikap saling menghormati dan menghargai harus benar-benar dijalankan selama bulan suci Ramadhan. Dengan demikian suasana yang kondusif selama bulan suci Ramadhan dapat selalu terjaga, dan umat Muslim dapat menjalankan ibadah mereka dengan baik.

Selama ini, lanjut Terry, suasana keamanan dan ketertiban masyarakat di Bumi Senentang telah tercipta dengan kondusif, sehingga tidak pernah terjadi gesekan antarumat beragama.

Olehkarenanya, Terry berharap suasana keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dapat selalu terjaga dan terpelihara, demi kelancaran roda pemerintahan dan pembangunan. “Kondusifitas daerah merupakan modal utama dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan,” ungkapnya.

Dalam menjaga suasana kamtibmas yang kondusif, tentunya diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk masyarakat umum. Dengan dukungan dari masyarakat, dia yakin suasana kamtibmas di Kabupaten Sintang akan selalu terjaga.

“Masyarakat memiliki peran besar dalam menjaga suasana kamtibmas agar selalu kondusif. Salah satu caranya adalah dengan saling menghormati antar pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama lainnya,” tutupnya.