30 Warga Binaan Lapas Sintang Ikuti Pelatihan Bidang Kontruksi

0
211
penyematan Helm oleh Kalapas kelas II B Sintang, Syekh Walid kepada Peserta sebagai tanda dimulainya Kegiatan Pelatihan Kemandirian bidang Kontruksi bagi warga binaan

LINTASKAPUAS | SINTANG –Sebanyak 30 warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Sintang yang sudah memasuki masa hukuman dari integrasi Pembebasan bersyarat mengikuti pelatihan kemandirian bidang kontruksi.

Kegiatan Pelatihan kemandirian bidang Kontruksi tersebut bekerja sama dengan CV Ahira yang berlangsung di dalam Lapas Kelas II B Sintang, Senin (6/3/2023)

Kepala Lapas kelas II B Sintang, Syekh Walid mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut merupakan syarat pengurangan masa hukuman dari integrasi pembebasan bersyarat bagi warga binaan.

“Kegiatan ini merupakan pembinaan untuk mereka, dan menjadi salah satu syarat apabila mereka ingin mendapatkan pengurangan masa hukuman dari integrasi pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, atau juga cuti bersyarat mereka juga harus mengikuti pelatihan skill untuk mendapatkan bimbingan keterampilan, “ungkap Walid.

Walid juga mengatakan 30 warga binaan yang mengikuti pelatihan tersebut berasal dari berbagai berbagai kasus yang sebelumnya sudah menjalani seleksi terlebih dahulu. ” Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama 2 bulan kedepan. dan dalam pelatihan ini mereka akan mendapatkan teori – teori Kontruksi dan juga langsung praktek dengan harapan setelah mereka bebas dapat menerapkan ilmu yang didapat di lingkungannya masing-masing, “jelasnya.

 

Kalapas berharap dukungan kepada seluruh instansi terkait yang ada dikabupaten Sintang agar kedepannya ada pelatihan – pelatihan sebagai bekal warga binaan yang akan bebas.

 

“Harapan saya dengan hadirnya teman – teman dari instansi terkait, dan kita sudah berkoordinasi dengan dinas ketenagakerjaan pak subendi sangat merespon dan memberi dukungan terhadap lembaga pemasyarakatan ini dan mungkin kedepan kita akan diberikan pelatihan lagi oleh dinas ketenagakerjaan”

 

Produk dari hasil pelatihan keterampilan ini juga sudah di pasarkan, karena produk yang mereka hasilkan sudah bagus, ada kontainer box beberapa belas yang sudah kita pasarkan, selain itu ada penganyaman jala, pembuatan asbak, tempat tissu. Untuk itu pihak KALAPAS tetap harus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membantu memasarkan produk yang mereka hasilkan.

Kegiatan itu dihadiri oleh beberapa Instansi pemerintah Kab. Sintang seperti Disnakertrans Kab. Sintang, Dinas Kesehatan Kab. Sintang, Lembaga Latihan Kerja UKM Kab. Sintang, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sintang, Dinas PUPR Kab. Sintang, Dinas Penananman modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Sintang, Dinas Sosial Kab. Sintang dan CV. Ahira selaku mitra kegiatan pelatihan.