Wabub Siap Bertarung Pilkada 2015

0
1556
Wakil Bupati Sintang, Drs. Ingnasius Juan, MM.
Wakil Bupati Sintang, Drs. Ingnasius Juan, MM.

LINTASKAPUAS.COM- SINTANG, Wakil Bupati Sintang priode 2010-2015 Ignasius Juan menegaskan bahwa dirinya siap maju untuk memperebutkan KB 1 pada Pemilukada 2015 yang diakuinya sudah mendapat restu dari partai Demokrat.

“saat ini kita tinggal menjajaki partai yang mau diajak berkoalisi karena perahu utama saya untuk maju adalah Partai Demokrat dan saat ini kita lagi tahap penjajakan dengan partai yang mau diajak koalisi, Ungkap wakil Bupati Sintang Ignasius Juan saat dikonfirmasi mengenai langkah politiknya dalam pemilihan Bupati Sintang, Kamis (26/2).
Ia menuturkan bahwa dirinya siap maju untuk memperebutkan posisi nomor satu dikabupaten sintang tersebut karena dandapat dukungan penuh dari konstituentnya. “modal utama saya siap mau karena masih mendapatkan dukungan dari masyarakat dan menginginkan saya menjadi bupati, “ujarnya.

Juan juga mengklaim dukungan partai pengusung sudah diperoleh. Partai Demokrat disebut bakal memberi dukungan kepadanya. Kini tinggal mengintensifkan komunikasi. Begitu juga dalam penjajakan  membangun mitra koalisi. Langkah demikian dianggap wujud keseriusannya tampil dalam pemilihan Bupati.

meski demikian ia belum dapat memastikan dengan siapa berpasangan. Namun kriteria kandidatnya sudah dimiliki. Yakni dapat bekerja sama, mampu saling bersinergi dalam membangun daerah. “Bisa politisi. Bisa juga birokrat,” kata Juan.

Sementara partai politik di Sintang mulai didekati para kandidat yang ingin maju dalam pemilihan Bupati. Komunikasi mulai terbangun. Kendati partai belum ada yang membuka resmi pendaftaran. Kecuali masih menunggu instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP), berkenaan menghadapi pemilihan Bupati Sintang, yang digelar Desember mendatang.

terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Sintang Jefray Edward tidak menampik partainya  telah didekati kandidat yang ingin maju sebagai Bupati. Komunikasi tersebut yakni berupa harapan agar bisa diusung PDI-P.  Figurnya beragam yang datang.  “Empat dari birokrat dan dua dari partai,” kata Jefray.

Menurut Jefray PDI-P senantiasa selalu membuka ruang komunikasi terhadap siapapun yang akan maju dalam pemilihan Bupati. Calon yang akan diusung tentu harus sesuai dengan kriteria kebijakan partai. “Kita mempunyai mekanisme. Kita juga menunggu instruksi DPP maupun DPD,” katanya.

Hal senada diungkapkan sekretaris Partai Gerindra DPC Sintang, Sandan. Pihaknya membuka ruang terhadap figur yang akan maju sebagai Bupati. Dan, Gerindra, lanjut dia, mempunyai aturan main partai yang digariskan DPP, mengenai kriteria calon untuk diusung. “Memang sudah ada yang komunikasi dengan kita,” kata Sandan.

Terpisah, anggota KPU Sintang Ade M Iswadi mengatakan pemilihan Bupati Sintang masuk dalam bagian pilkada serentak pada 2015. Dalam pencalonannya,   yakni  satu paket.   Terdiri atas Calon Bupati dan Wakil.  Kemudian  juga ditentukan syarat dukungan calon melalu partai atau gabungan partai , yakni 20 persen kursi di DPR atau 25 persen hasil suara dalam Pemilu sebelumnya. Calon independen juga diberi ruang untuk maju dalam pemilihan Bupati