Bayarlah Tunggakan BPJS Kesehatan Sebelum 18 Desember

0
1368

LINTASKAPUAS I SINTANG- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sintang menghimbau kepada seluruh Peserta BPJS Kesehatan Yang masih menunggak agar segera melunasinya sebelum tanggal 18 Desember 2018.

“Kita berharap seluruh peserta BPJS Kesehatan yang belum membayar iuran lebih dari 24 bulan untuk membayar sebelum 18 Desember 2018, ” ujar Aisyah sebagai Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sintang saat menggelar NGOPI(Ngobrol Bareng Program Terkini-Red) bersama awak Media di ruang Rapat BPJS Kesehatan Cabang Sintang, Jumat(7/12/2018)

Himbauan tersebut disampaikan berkenaan dengan peraturan presiden No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diterbitkan pada tanggal 18 September 2018 lalu dengan kebijakan yang diambil pemerintah dalam perpres ini. Seperti pemberhentian sementara pejaminan peserta yang tidak membayar iuran sampai dengan akhir bulan. Statusnya akan aktif lagi jika membayar bulan tertunggak, paling banyak untuk 24 bulan.
“Makanya kita menghimbau agar membayar tunggakan sebelum tanggal 18 desember, sebelum perpres ini berlaku, karena mereka (peserta) cukup membayar maksimal 12 bulan saja, kalau diatas 18 desember merka wajib membayar 24 bulan” ujar Aisyah.

Ia juga mengatakan Terbitnya Perpres ini sebagai wujud komitmen dari pemerintah untuk memastikan penyelenggaraan program JKN-KIS terus berjalan dengan baik dan bisa dirasakan masyarakat. ” Harapan kita bersama kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan agar dapat membayar iuran secara rutin sebelum tanggal 10 setiap bulannya, ” Pesan Aisyah

Aisyah juga menambahkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Sintang juga saat ini sudah membangun kerjasama dengan mitra pembayaran, seperti Alfamart, Indomaret, PT. POS, agen PPOB seperti sejumlah Bank, serta masih banyak lagi.” kerja sama ini kita bangun demi memberikan kemudahan peserta dalam akses pembayaran iurannya. Dengan demikian, iuran yang dibayarkan tersebut akan kita gunakan dan manfaatkan untuk peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan,”pungkasnya.