Desak Pelantikan Wabup Sintang, Puluhan Mahasiswa Demo ke DPRD

0
35
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia(GMNI) Sintang Menggelar aksi unjuk rasa ke Gedung DPRD Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sintang menggelar aksi unjuk rasa ke gedung DPRD Sintang, Rabu (20/7/2022).

Peserta aksi unjuk rasa mendesak DPRD Sintang untuk segera melantik Wakil Bupati Sintang yang sudah lama mengalami ke kosongan pengganti mendiang Yosep Sudianto.

Kedatangan Peserta Aksi unjuk rasa disambut baik oleh Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny didampingi wakil Ketua I DPRD Sintang, Jeffray Edward serta sejumlah anggota DPRD Sintang lainnya.

Saat berada di depan Gedung DPRD Sintang, koordinator aksi, Yunus menyampaikan aspirasi dan membacakan 4 poin tuntutan kepada DPRD Sintang.

Dalam aspirasinya menyampaikan mosi tidak percaya dengan DPRD Sintang, pasalnya sudah banyak janji-janji yang diumbar oleh para wakil rakyat tersebut, namun hingga saat ini tidak ada satu janji yang terealisasi.

“Kami dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia menyatakan sikap mosi tidak percaya dengan DPRD Sintang, karena sudah banyak janji manis yang dilontarkan namun hingga saat ini tak ada yang terealisasi,” ungkap Yunus.

Ada empat poin tuntutan yang disampaikan mahasiswa dalam aksi unjuk rasa tersebut pertama sesuai kewenangan tugas dan fungsi Bupati Sintang menyepakati akan mempercepat penetapan dan segera dilantiknya Wakil Bupati Sintang.

Kedua, mengusut tuntas dan mengakhiri konflik antara masyarakat dan korporasi yang ada di Kabupaten Sintang. Ketiga, mempercepat terealisasinya Provinsi Kapuas Raya. Keempat, memperlakukan dengan merata pembangunan infrastruktur di seluruh desa Kabupaten Sintang.

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny langsung menanggapi empat poin tuntutan dari mahasiswa yang berunjuk rasa.

Terkait dengan proses pemilihan Wakil Bupati Sintang menggantikan mendiang Yosep Sudianto, DPRD Sintang baru saja menggelar sidang paripurna pembentukan panitia pemilihan Wakil Bupati Sintang.

“Terkait dengan Wakil Bupati, tadi pagi kami baru saja menggelar sidang paripurna penyampaian dua Calon Wakil Bupati Sintang oleh pemerintah daerah yang disampaikan langsung oleh Bupati Sintang dan langsung memperkenalkan kedua calon yang diusulkan yakni Bapak Melkianus dan Bapak Hardoyo,” jelas Ronny.

Menurut politisi muda Nasdem ini, dalam proses pencalonan Wakil Bupati, ada proses administrasi yang harus dilengkapi.

“Untuk proses pemilihan sendiri, jika semua proses sudah terpenuhi maka akan segera kita laksanakan dan kami sudah membuat jadwal pemilihan Wakil Bupati Sintang berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2022,” tuturnya.

Terkait desakan pembentukan Kapuas Raya, Ronny mengatakan bahwa DPRD Sintang akan menampung apa yang menjadi aspirasi mahasiswa dan ikut mendorong pemekaran tersebut ke pemerintah Provinsi hingga kepada Pemerintah.

Terkait dengan pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Sintang dua tahun belakangan ini mengalami kemunduran, hal tersebut karena Pandemi Covid melanda, sehingga APBD Sintang banyak terserap untuk penanggulangannya.

“Pandemi Covid 19 saat ini sudah mereda. mudah-mudahan anggaran pembangunan Infrastruktur akan kembali kita pulihkan dan prioritaskan sebagaimana sedia kalanya, “pungkasnya.