Disdikbud Lucurkan Lorong Pintar Berkarakter

0
1423

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menggelar  launching ceremony Lorong Pintar Berkarakter (Lo Pinter) yang dilounhing secara resmi oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, kamis(31/1) bertempat di Aula SMP Negeri 1 Sintang.

Lounching Lorong Pintar Berkarakter tersebut dihadiri oleh sejumlah Pimpinan Forkompinda dan beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Pemerintah Kabupaten Sintang serta dimeriahkan oleh seluruh siswa- Siswi SMP Negeri 1 Sintang dengan memyajikan kreaktivitas pertunjukan.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Ernawati yang menjadi Project Leader LO Pinter Berkarakter tersebut menyampaikan bahwa LO Pinter merupakan salah satu program pendampingan penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah.

“LO Pinter ini bertujuan  untuk meningkatkan dan menguatkan pendidikan karakter pada pelajar khususnya siswa SMP yang ada di Kabupaten Sintang. Program LO Pinter ini juga merupakan implementasi dari peraturan Presiden-RI tentang Penguatan Pendidikan Karakter,” katanya.

Menurut Ernawati, Program LO Pinter Berkarakter merupakan salah satu media yang menggambarkan suatu pesan karakter atau memberikan pemahaman kepada peserta didik yang mengandung empat elemen yaitu rasa, raga, jiwa dan pikiran dengan tulisan kata-kata bijak, slogan, gambar, maupun lukisan.

“Lorong Pinter diwujudkan dalam bentuk visualisasi berupa gambar, foto, karikatur, serta tulisan tulisan yang dapat menginspirasi siswa dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah,” tutur Erna.

Ia juga menyampaikan program LO Pintar berkarakter tersebut akan diterapkan dibeberapa sekolah yang ada di Kabupaten Sintang. “program LO pintar Berkarakter ini tidak hanya kita terapkan di SMP Negeri 1 Sintang ini, namun masih ada beberapa sekolah yang sudah siap juga mengikuti program ini seperti SMP 2, SMP N 3 dan SMP N 4 Sintang, Papar Ernawati.

Ia juga menambahkan bahwa program LO Pintar Berkarakter tersebut memiliki Tim pendampingan  yang berasal dari beberapa stakeholder eksternal dan stakeholder internal. “Tim kita inilah yang akan memberi pendampingan terhadap realisasi dari program yang kita luncurkan ini sebagai upaya penguatan karakter kepada para anak didik yang ada dikabupaten Sintang ini,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengapresiasi dengan upaya penguatan pendidikan Karakter anak yang di inisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang dengan Program Lorong Pintar Berkarakter

“Pemerintah Daerah mendukung penuh dengan Upaya peningkatan Pendidikan Karakter siswa yang di inisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Lorong Pintar berkarakter yang baru diluncurkan, “ungkap Bupati.

Ia mengatakan bahwa salah satu terobosan dari gerakan nasional revolusi mental adalah pendidikan Karakter yang diawali dari rumah tangga hingga pada tingkat sekolah yang harus dikemas dalam mata pelajaran Pendidikan karakter.

“untuk mencapai hal tersebut terobosan program Lorong Pintar ini sudah sangat tepat karena selain memberikan pendidikan juga memberikan pesan moral yang baik serta paling mudah diingat oleh siswa karena disampaikan melalui kata-kata mutiara dan indah dilihat seperti contoh Tulisan “LISA” yakni Lihat Sampah ambil.

Ia juga berpesan kepada tim pendamping dari program Lorong Pintar berkarakter tersebut bisa memberikan masukan  yang sedrhana, gampang dan mudah diingat serta bisa diterapkan  sehingga bisa dilihat oleh siswa setiap hari, “pungkas Jarot