Kades Diminta Jaga Keharmonisan dengan BPD

0
176
Wakil Bupati Sintang, Melkianus buka kegiatan musrembang kecamatan Serawak(Foto – IST)

LINTASKAPUAS | SINTANG – Kepala Desa diminta selalu menjaga keharmonisan dan jalinan kerjasama yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing, demi terciptanya suasa yang kondusif dan demi kelancaran pemerintahan desa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sintang, Melkianus. Saat membuka kegiatan musrembang Kecamatan Serawai pada, Kamis(16/2/2023)

Ia menekankan harus saling menjaga keharmonisan di dalam pemerintahan desa, jangan sampai ada pertikaian yang ujung-ujungnya dapat menghambat kelancaran aktivitas pemerintahan desa.

“Saya akan terus mengingatkan agar kepala desa menjalin kerjasama yang baik dengan BPD-nya. Kades dan BPD itu harus harmonis. Jangan bertikai. Jangan sampai karena tidak harmonis, lalu muncul masalah di desa,” ucap Melkianus.

Wabup Melkianus menekankan, agar Kades dan BPD saling bekerja sama dan menutupi kekurangan masing-masing. Kalau pun ada masalah, sampaikan dan diskusi dengan Camat atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

“Kami juga siap menjadi mediator kalau ke depan ada masalah yang dihadapi Kades dan BPD. Intinya jangan sedikit-sedikit lapor ke sana ke mari, jangan saling lapor juga kalau pun sakit hati. Saling menghormati dan menghargai itu yang harus ditanamkan,” tegasnya.

Selain itu, Wabup Melkianus juga meminta kepada Kades terpilih, untuk selalu menjalin komunikasi dengan calon kepala desa yang kalah. Hargai mereka. Kunjungi mereka dan ajak komunikasi untuk membangun desa.

“Minta saran dan masukan mereka untuk membangun desa. Silaturahmi dengan mereka. Rangkul mereka demi untuk kemajuan desa. Itu yang terpenting,” ucap Wabup Melkianus.

Pada intinya, kata Wabup Melkianus, Kades harus bisa mengayomi seluruh masyarakatnya. Jangan malah sebaliknya, membuat kegaduhan yang dapat menimbulkan tidak efektivitas jalannya pemerintahan desa.

“Kades harus menunjukan kepemimpinan yang bijak dan benar sesuai aturan dan amanah yang diemban. Rangkul semua elemen demi kemajuan desa yang dipimpinnya,” pungkas mantan anggota DPRD Sintang ini. (*)