Wabup Melkianus Harap Kepengurusan Baru Dekranasda Sintang Lebih Kreatif

0
164
Penandatanganan surat keputusan kepengurusan baru Dekranasda Sintang oleh Ny Rita Cendanawangi disaksikan langsung Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan barat dan Wakil Bupati Sintang (Foto- IST)

LINTASKAPUAS | SINTANG – Wakil Bupati (Wabup) Sintang, Melkianus berharap kepada kepengurusan baru Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sintang, agar mempunyai kreativitas tinggi dalam mengembangkan para pengrajin di Bumi Senentang.

Hal tersebut disampaikan Wabup Melkianus saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang periode 2021-2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Jumat (17/02/2023).

“Selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Semoga para pengurus yang telah dilantik ini bisa lebih berkreativitas. Yang pastinya Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang mendukung penuh aktivitas Dekranasda Sintang dalam melaksanakan program kegiatan,” ujar Melkianus.

Dijelaskan Wabup Melkianus, bahwa Dekranasda suatu organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk melestarikan warisan tradisi dan budaya yang tercermin dari berbagai produk kerajinan di daerah. Di Kabupaten Sintang, ada produk unggulan berupa kain tenun ikat, anyaman dari rotan dan anyaman dari bambu.

“Semoga semakin tergali lagi karya cipta dan produksi para pengrajin dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat,” harap Wabup Melkianus.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sintang, Ny Rita Cendanawangi yang baru dilantik s berharap seluruh Kepengurusan  senantiasa bekerja sama dengan segala pihak pemangku kepentingan.

“Tujuannya untuk mengembangkan usaha kerajinan dengan langkah-langkah strategis yang tepat sasaran. Semoga amanah yang pengurus terima bisa membuat kami lebih produktif untuk mewujudkan Sintang berkelanjutan, bermartabat dan sejahtera,” ucapnya.

Ia juga percaya, bahwa kepengurusan yang baru dilantik ini mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab demi kemajuan organisasi.

“Dekranasda sebagai mitra pemerintah harus selalu bersinergi melaksanakan program pembinaan kepada para masyarakat pengrajin,” pungkasnya.

Sementara Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji mendukung penuh dengan usulan penggunaan kostum baju batik khas Sintang khusus bagi Aparatur Sipil Negeri(ASN) dilingkungan pemerintah Daerah Sintang setiap hari Kamis.

“Saya mendukung penuh dengan usulan penggunakan kostum batik tersebut karena hanya kabupaten Sintang yang belum menggunakan batik Khas daerahnya setiap hari Kamis. kalau kabupaten lainnya semua sudah menggunakan kostum batik pada hari tertentu, ” ucap Ibu Lismaryani

Ibu Lismaryani berharap kain batik khas Sintang bisa segera digunakan ASN Pemkab Sintang setiap hari kamis. ASN dululah memberikan contoh kepada masyarakat untuk menggunakan produk daerahnya berupa kain batik khas Sintang ini, ” pungkasnya(*)