Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Kalbar Pimpin Kegiatan P4GN di Lapas Ketapang

0
30

Foto barang bukti yang berhasil disita dalam operasi P4GN di Lapas Ketapang. (Foto Ist)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kemenkumham Kalimantan Barat (Kalbar) Ika Yusanti didampingi Kabid Yantah Herry Suhasmin, Kabid Pembinaan Eka Jaka Riswantara, bersama Kalapas Ketapang Ali Imran dan pejabat struktural beserta staf. Menggelar kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang, Selasa (14/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut Petugas lapas yang dipimpin langsung oleh Ika Yusanti langsung melakukan penggeledahan kamar hunian warga binaan dengan menyasar pada blok laki-laki dan blok perempuan serta lingkungan Lapas.

“Penggeledahan ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini atau biasa disebut demgan operasi P4GN,” ujar Ika.

Selain melakukan penggeledahan dari kamar atau tempat tinggal Ika juga melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan sekaligus juga memberikan arahan dan motivasi kepada warga binaan.

“Perubahan pada Permenkumham nomor 7 tahun 2022 tidak lagi mensyaratkan surat Justice Collaborator untuk mendapatkan hak remisi dan integrasi, yang terpenting jangan melakukan pelanggaran, agar hak-hak kalian sebagai Warga Binaan yang baik bisa didapatkan,” pesannya.

Sementara itu, Kalapas Ketapang Ali Imran menambahkan, dalam razia kali ini tidak ditemukan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya di kamar narapidana. Hanya ditemukan barang lain seperti seperti senjata tajam, charger, headset, gunting, terminal listrik, kompor listrik, sendok hingga korek api.

“6 buah Charger, 7 Buah Headset, 19 buah korek api gas, 1 buah pemanas air listrik, 2 buah sendok besi, 1 buah gunting, 2 buah sajam, 2 buah terminal listrik, 1 buah kompor listrik, 1 set domino, 1 buah vape elektrik, 2 buah kasing hp,” papar Ali Imran.

Ali imran menambahkan, terkait hasil temuan ini telah dicatat untuk nantinya akan dimusnahkan serta di laporkan ke kantor wilayah.

“Ini adalah wujud komitmen dan upaya deteksi dini serta tindak lanjut dari arahan Bapak Dirjen Pemasyarakatan Pemberantasan Narkoba serta menjaga stabilitas keamanan di Lapas ketapang,” tegasnya.

Kalapas juga mengapresiasi seluruh petugas Lapas Ketapang dalam pelaksanaan penggeledahan yang dilakukan secara humanis.

“Terima kasih kepada seluruh anggota yang terlibat dalam penggeledahan rutin kamar hunian WBP. Mari bersama-sama kita wujudkan Lapas Ketapang yang bersih dari narkoba, handphone dan benda terlarang lainnya,” tukasnya. (Ags)