Lapas Ketapang Lakukan Diteksi Dini Kanker Serviks Terhadap Tahanan

0
33

*Juga Buka Posko Vaksinasi Covid-19 Untuk Pengunjung dan Masyarakat Umum*

Foto saat usai kegiatan pemeriksaan terhadap warga binaan. (Foto Ist)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Peduli terhadap kesehatan warga binaan. Khususnya, Perempuan. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ketapang melakukan pemeriksaan dini kanker serviks. Selain itu, juga membuka posko vaksinasi Covid-19 untuk pengungjung lapas dan masyarakat umum.

Saat dikonfirmasi, Kalapas Ketapang, Ali Imran, mengatakan bahwa dalam melakukan pengecekan kesehatan terhadap warga binaannya (Perempuan) , Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang.

“Kami bersama Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan pada warga binaan salah satunya kanker serviks. Karena ini sangat penting bagi wanita karena kanker serviks ini dapat menyebabkan kematian,” ungkapnya, Kamis (28/07) siang.

Terlebih dijelaskan Ali Imran bahwa lapas juga membuka posko vaksinasi Covid-19. Yang mana menurutnya bagi pengunjung lapas harus sudah vaksin ketiga atau vaksin booster.

“Dikarenakan kunjungan tatap muka sudah mulai dilaksanakan, pengunjung harus sudah vaksin ketiga, maka dari pada itu saya menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang untuk memfasilitasi bagi keluarga warga binaan yang ingin mengungjungi lapas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami menjelaskan jika terdeteksi adanya kanker serviks pada penghuni lapas akan dilanjutkan dengan tahap kemoterapi, dengan melakukan kemoterapi bibit-bibit kanker serviks dapat dihilangkan

“Dengan melakukan pemeriksaan dini kita bisa mengetahui apakah ada bibit-bibit kanker, apabila ada ada bibit kanker akan kita lanjutkan dengan kemoterapi atau terapi untuk membersihkan bibit-bibit kanker ini,” terangnya.

Rustami menjelaskan bahwa kanker serviks di Kabupaten Ketapang sangat tinggi, kanker serviks masuk kedalam kanker ganas yang menyebabkan kematian pada wanita usia muda.

“Kanker serviks pada ibu-ibu tinggi di Ketapang, kanker serviks itu jarang sekali tidak ganas dan bisa menimbulkan kematian pada wanita usia muda. Kanker serviks ini disebabkan oleh beberapa hal seperti pergaulan bebas, pernikahan dini dan gonta-ganti pasangan,” tukasnya.

(Ags)