Pemda Ketapang dan PLN Sulap Taman Merdeka Menjadi Pusat Kuliner

0
75
Foto Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga saat menyerahkan papan prasasti kepada Kepala Dinas Perkim LH, Dennery dan disaksikan oleh Wakil Bupati Ketapang, H.Farhan,SE,M.Si. (Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan Pihak PLN UP3 Ketapang menyulap Taman Merdeka menjadi Pusat Kuliner.
Melalui CSR (Corporate Social Responsibility) program PLN peduli tersebut terealisasi dengan nama “Program Bantuan Ruang Hijau Taman Merdeka” dan sudah diresmikan oleh Wakil Bupati Ketapang H.Farhan, Jum’at (18/03/2021) sore.

Peresmian Taman merdeka tersebut ditandai dengan penyerahan sebuah papan prasasti oleh Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga kepada Kepala Dinas Perkim LH, Dennery.

Mengawali kata sambutannya, H.Farhan mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang sudah berpartisipasi melalui program CSR nya dalam menghidupkan kembali taman merdeka hingga menjadikan salah satu pusat kuliner di Kota Ketapang.

Diakui H.Farhan, bahwa ide untuk menghidupkan Taman Merdeka sebenarnya sudah digagas dalam dua tahun belakangan ini. Dikatakannya, bahwa ide tersebut muncul berawal dari keterpanggilan untuk menghidupkan kembali kawasan Taman tersebut yang mana terlihat di kawasan taman tersebut belakangan menjadi tempat yang kurang berkembang.

“Hal inilah yang mendasari munculnya ide untuk membangun pusat kuliner di kawasan Taman Merdeka ini agar tercipta momen yang baik, atau ruang dan waktu bagi publik serta para pihak untuk bersatu, bahu membahu dan berdedikasi untuk mengembalikan image kawasan taman tersebut,” ujarnya.

Lanjut H.Farhan menjelaskan, namun demikian, sudah barang tentu bukan itu alasan satu- satunya memperkenalkan kawasan Jalan Merdeka sebagai pusat kuliner. Hal ini dilihat karena adanya segenap potensi yang ada di dalamnya, yakni, pariwisata dan lapangan kerja yang tidak kalah utama akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Terlebih diakuinya bahwa kawasan Jalan Merdeka memang merupakan kawasan peruntukan perdagangan dan jasa.

“Hal ini penting disampaikan untuk mempertegas komitmen pemerintah daerah bersama mentaati proses, dan mekanisme yang telah diatur didalam peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Ditambahkan H.Farhan, dengan Taman Merdeka yang menjadi lebih cantik, bersih dan terang saat malam hari, maka menjadikan taman ini sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu senggang. Kehadiran pengunjung yang meningkat di Taman Merdeka ini tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan transaksi perekonomian di sekitar taman ini, khususnya kuliner.

“Saya juga titip pesan untuk dapat kreatif dalam penyajian menu, selalu lakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan ojek online misalnya. Jika perlu, manfaatkan izin mikro yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan pendanaan, ini penting, manfaatnya pun kembali pada bapak dan ibu pedagang juga,” pintanya.

Tak hanya itu, H.Farhan juga berharap kepada perangkat daerah yang terlibat bekerjasama agar terus dapat mendampingi, dan melakukan penambahan sarana dan prasarana yang diperlukan.

“Laksanakan secara bertahap untuk melihat dan memancing reaksi dari masyarakat. Jangan lupa melakukan juga pemeliharaan yang diperlukan serta selalu mendisiplinkan masyarakat atau pedagang agar menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya.

Mengakhiri kata sambutannya, H.Farhan mengingatkan dua dinas yang terkait agar bekerja sama dalam mengurus keberadaan taman merdeka agar semakin baik terlebih untuk kebersihan taman.

“Untuk Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian agar melakukan pembinaan terhadap para pedagang dengan memberikan bantuan promosi terkait pembiayaan untuk perkuatan modal. Dan untuk Dinas Perkim LH agar dapat melatih cara-cara penanganan sampah sesuai standar mutu yang dipersyaratkan, lakukan pemisahan sampah organik dan anorganik, jika perlu lakukan saringan antara sampah basah dengan sampah kering,” tutupnya. (Agsfy)