Tebelian Air Port Gagal Diresmikan Presiden

0
2358
Tebelian Internasional Air Port Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Tebelian Air Port Sintang yang katanya dibangun bertaraf Internasional menjadi bandara kebanggaan bagi masyarakat wilayah timur Kalimantan Barat yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo bulan ini(Oktober –Red) kembali gagal karena hingga saat sejumlah fasilitas bangunan masih dalam ini proses pembangunan.

“Sebenarnya, masalah pembangunan Bandara ini sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah Pusat. oleh sebab itu, kita tinggal menunggu saja. Kalau untuk peresmiannya, kita tidak bisa prediksi kapan, karena semuanya sudah menjadi kewenangan dari pemerintah pusat, “ujar Wakil Bupati Sintang, Askiman kepada Sejumlah Media saat menggelar kunjungannya ke Bandara Tebelian Sintang kemarin.

Tapi, lanjut askiman, jika kita melihat progres pengerjaan saat ini, tidak mungkin bisa diresmikan pada bulan ini sesuai dengan yang sudah direncanakan sebelumnya karena kalau kita melihan masih banyak fasilitas bangunan saat ini masih dalam proses pengerjaan. Tidak mungkinkan diresmikan jika sejumlah fasilitas bangunan belum selesai, “ujarnya.

Askiman menjelaskan, sejumlah Fasilitas Bangunan bandara yang hingga saat ini masih dalam tahap pengerjaan yakni seperti pembangunan Menara oleh BMKG, penyelesaian Runway serta sejumlah fasilitas lainnya.

“Kalau untuk tanggung jawab Pemerintah Daerah hanya penyelesaian pembangunan jalan Masuk Bandara, dan sudah kita laksanakan meski belum sepenuhnya. Pasalnya, jalan masuk jalur pertama masih digunakan untuk anggkutan material bangunan sehingga belum kita lanjutkan, “terang Askiman.

Terkait operasional Bandara, dikatakan Askiman akan bisa operasional jika semua fasilitas bangunan sudah selesai dikerjakan sesuai dengan standar penerbangan. “kalau untuk pemindahan bandar susilo ke sini belum bisa dilakukan karena ditakutkan mengganggu proses pengerjaan yang sedang berlangsung, “pungkas Askiman