Ratusan Pelajar SD Sintang Turut Meriahkan HUT RI

0
1324
Bupati Sintang angkat bendera sebagai tanda dimulainya lomba gerak jalan tingkat SD dalam rangka memperingati HUT-RI ke 70
Bupati Sintang angkat bendera sebagai tanda dimulainya lomba gerak jalan tingkat SD dalam rangka memperingati HUT-RI ke 70

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam rangka memeriahkan HUT – RI yang ke 70 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2015, ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) mengikuti lomba gerak jalan yang dilepas secara resmi oleh bupati Sintang, Milton Crosby dari Halaman Pendopo Bupati Sintang, kamis(13/8)

Panitia HUT RI Kabupaten Sintang sudah menetapkan lomba gerak jalan tingkat SD untuk pelajar putri yang diikuti oleh 19 SD akan menempuh jarak 4 KM dan untuk pelajar putra yang diikuti oleh 19 SD akan menempuh jarak 5 KM.

Masing-masing regu terdapat 17 orang termasuk komandan regunya. Rata-rata pelajar SD yang diikutkan dalam lomba gerak jalan merupakan pelajar yang selama ini aktif dalam kegiatan kepramukaan di sekolahnya. Mengingat mengikuti lomba gerak jalan diperlukan fisik yang kuat dan kondisi tubuh yang prima. Unsur disiplin juga diperlukan untuk mengikuti lomba gerak jalan karena kekompakan dan kebersamaan antar anggota dari strat hingga finish kembali.

Kecerdasan juga diperlukan untuk sukses dalam mengikuti lomba gerak jalan ini, karena anak-anak pelajar SD diharuskan sepanjang perjalanan untuk menghapal dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang semangat disertai yel-yel yang sudah disiapkan masing-masing sekolah. Penilaian lomba gerak jalan tingkat SD adalah ketepatan waktu dan kekompangan.

Sepanjang lomba, para pelajar juga didampingi oleh satu orang guru yang sudah membimbing, melatih dan membina mereka selama persiapan untuk mengikuti lomba gerak jalan. Kondisi cuaca yang mendung kamis kemarin mendukung lomba gerak jalan tingkat SD karena membuat cuaca tidak terlalu panas. Rute yang harus ditempuh oleh para pelajar SD adalah start dari depan rumah dinas Bupati Sintang, depan kantor Bupati Sintang, Pasar Inpres, Jalan Pangeran Kuning, Tugu Pangeran Kuning berbelok ke arah jalan alambanawa nawai, jalan M. Saad, Jalan Imam Bonjol dan finis di Lapangan Sepak Bola Kodim 1205 Sintang.