e-KTP Tak Kunjung Jadi, Warga Mantir Serang Disdukcapil

0
1385
Kecewa tak kunjung dapat e-KTP, Ratusan Warga Desa Mantir Kecamatan Sei Tebelian Datangai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang
Kecewa tak kunjung dapat e-KTP, Ratusan Warga Desa Mantir Kecamatan Sei Tebelian Datangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Kecewa e-KTP tak kunjung jadi, Ratusan warga Dusun Pandan Arum, Desa Mantir Kecamatan Tebelian, terpaksa datang jauh-jauh ke sintang hanya untuk melakukan perekaman data ulang Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP),

“Sebenarnya kami sudah melakukan perekaman sudah setahun yang lalu di kecamatan tapi sampai sekarang tak kunjung jadi, dan kami mempertanyakannya, tapi pihak kecamatan meminta kami langsung ke Kabupaten(Disdukcapil-Red) untuk merekam kembali, “ungkap Yuni kepada wartawan kemarin

Puluhan warga berangkat dari desa mereka sekitar pukul 08.00 pagi,dan  tiba di kantor Disdukcapil sekitar pukul 11.00 WIB, dengan mengunakan mobil pick up. Mereka mayoritas warga  satu dusun, beberapa diantaranya masih sanak keluarga.

“Jalanya itu rudak. Sebelumya kita takut juga menggunakan pick up,”  Katanya.

Bahkan puluhan warga ini terpaksa tertahan dan menunggu di halaman kantor Disdukcapil, lantaran pegawai Disduk terlanjur memasuki waktu istirahat. Mereka menunggu hingga pukul 13.00 WIB.  “Kalau begini kita sebagai warga sulit juga,” ujarnya.

Terpisah, Kadisdukcapil Sy M Taufik mengakui, sekitar 1500 warga terpaksa harus kembali melakukan perekaman ulang. Masalah ini sudah terjadi karena ada kerusakan peralatan. “permasalahan ini terjadi sejak awal pertama perekaman dilakukan yang terdapat didalam giometeriknya dan baru masuk kepada kita tahun 2014 ini, “ujar Syarif.
beranjak dari kondisi tersebut Pihaknya langsung memberikan mengimbau  kepada camat untuk menyampaikan kepada warganya yang tersebar dibeberapa desa, untuk melakukan perekaman ulang. “apabila tidak bisa melakukan perekaman dikecamatannya sendiri warga bisa melakukan perekaman di Kecamatan tetangga, atau bisa langsung ke Disdukcapil, karena bisa langsung kita berikan e KTPnya,” ujarnya.

percetakan e KTP berlangsung lancar sejak diberikan kewenangan oleh pusat. Pihaknya memang memperioritaskan kepada warga yang telah merekam namun belum mendapat fisik e KTP.
“Alhamdulillah lancar. Kita imbau warga yang belum merekam segera lakukan perekaman,” tukasnya.
Sementara terkait sejumah warga Kec Tebelian seluruhnya telah selesai melakukan perekaman dan langsung menerima hasil perekaman e KTP.