Infrastruktur Desa Landau Apus Meningkat

0
1753

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembangunan jalan dan jembatan, kesehatan dan pendidikan. Desa Landau Apus misalnya, akhir tahun ini sudah menikmati akses jalan yang lancar, setelah dibangunnya jalan rabat beton 600 meter dalam desa tersebut oleh pemerintah kabupaten melalu dana APBD tahun 2014 ini.

Selain jalan desa, juga dibangun berbagai infrastruktur dasardisebagian besar desa secara bertahap. “Kami merasa sangat senang dengan di bangunnya jalan rabat beton di desa landau apus ini. Untuk itu kami sangat berterimakasih pada bupati Kapuas Hulu A.M Nasir yang telah memperhatikan desa kami,” tutur Lenan tokoh masyarakat Landau Apus.

Dengan dibangunnya jalan lingkungan perumahan dan kawasan permukiman (Perkim) desa Landau Apus, akses menjadi lancar. Mengingat jalan dalam desa Landau Apus sudah lama tidak dibangun, sehinga ketika musim penghujan, jalan becek dan berlumpur.Dengan dibangunnya jalan rabat beton di desa Landau Apus aktivitas masyarakat tidak terganggu, desa terlihat bersih dan rapi dan bersih.

Sejak kepemimpinan A.M Nasir, kata Lenan lagi, banyak pembangunan yang masuk daerah-daerah seperti Landau Apus yang sudah mulai terisolir meningkat. Adanya pembangunan infrastruktur, desa terlihat lebih maju. “Kami tentu berharap Pak Lay (sapaan akrab A.M Nasir) bisa memimpin kapuas hulu lima tahun kedepan, karena ia sangat memperhatikan daerah-daerah pedesaan,” tutur Lenan.

Dikatakan Lenan, desa yang di diami oleh 200 kepala keluarga (KK) selain mendapat pembangunan dari dana APBD. Juga ada proyek pembangunan melalui PNPM dan PPIP yang juga dirasakan sangat membantu dalam membangun infrastruktur desa. “Di desa kami juga ada kegiatan kegiatan proyek PPIP dan PNPM, sehingga sangat membantu pembangunan infrastruktur di desa kami,” kata Lenan.

Lenan juga berharap Pemkab Kapuas hulu bisa membangun jalan lintas sungai sebilit yang di lewati beberapa dusun, antaranya dusun Sirak, Betung, Sebilit, Suka Tani, Landau Apus dan dusun tutup. Ruas jalan itu dibutuhkan masyarakat, karena merupakan jalur lalu lintas pertanian dan perkebunan rakyat. Mengingat sebagian besar masyarakatdi kecamatan Bunut Hulu adalah sebagai petani.