Perayaan Imlek Sintang di Awali Ritual Naga Buka Mata

0
1945
Pembukaan Perayaan Tahun Baru Imlek di Sintang diawali dengan Ritual Buka Mata Naga.
Pembukaan Perayaan Tahun Baru Imlek di Sintang diawali dengan Ritual Buka Mata Naga.

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG. Perayaan Imlek di Kelenteng Kuanti Sintang dimulai dengan ritual naga buka mata. Meski ritual tersebut dilaksanakan saat hujan lebat, Minggu malam lalu, masyarakat tetap antusias. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengabadikan momen tersebut dengan kamera maupun perangkat ponsel pintar miliknya.

Acara tersebut juga dihadiri Sultan Sintang HRM Ikhsani Perdana Ismail Tsafioeddin, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Syarifudin serta pengurus Majelis Agama Konghucu Sintang Edi Hermanto dan Lie Miau Fo.

Ritual naga buka mata dimulai sekitar pukul 20.00. Ritual dipipimpin oleh Loya Joni. Awalnya, naga yang merupakan sumbangan dari Asia Busana dengan panjang 30 meter dibawa kedepan Kelenteng Kuanti. Kemudian diberi mantra oleh Loya sebelum melakukan atraksi. Setelah selesai, barongsai juga dimantrai.

Ratusan Warga Sintang dengan Sangat Antusias mengikuti Pembukaan Perayaan ImlekKwee Lai Ciap, budayawan Tionghoa Sintang mengatakan ritual naga buka mata dipercaya warga Thionghua sebagai hari dimana naga–binatang yang dipercaya sebagai dewa itu –turun ke bumi dari langit bak bayi yang baru lahir. Sampai di bumi dihidupkan kembali dengan maksud untuk membersihkan bumi dari hal-hal negatif. “Setelah naga buka mata barulah barongsai boleh mulai beratraksi dan mengelilingi bumi. Dalam satu tahun naga turun satu kali,” kata Kwee Lai Ciap. (Yusrizal)