Pilkada Sintang berlangsung Aman dan Kondusif

0
1603
Kapolres Sintang, AKBP. Mahyudi Najriansyah
Kapolres Sintang, AKBP. Mahyudi Najriansyah

LINTAKAPUAS.COM-SINTANG, Tahapan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sintang terus berlangsung, tahap demi tahap sudah terlaksana dengan lancar aman dan kondusif.

“hingga telah berakhirnya pemungutan suara disetiap wilayah yang ada dikabupaten sintang, situasi dan kondisi masih dalam ketegori Alhamdulillah aman dan kondusif, “ungkap Kapolres Sintang AKBP Mahyudi Nazriansyah kepada sejumlah wartawan, sabtu(12/12).

Ia menuturkan dalam memberikan hak pilihnya di TPS masing-masing masyarakat sangat antusias. “pada hari pencoblosan masyarakat sangat antusias dan tidak ada gesekan antar masyarakat mau pun tim pemenangan dari masing-masing paslon,” Tutur Kapolres.

Mahyudi juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyiapkan kekuatan personil untuk melakukan pengamanan di KPU saat melakukan pleno rekapitulasi suara. “Untuk persiapan pleno KPU, kita sudah siapkan pengamaman,”ujarnya.

Tidak hanya di KPU, bahkan semua ketiga Paslon juga mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian. Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Secara prosuder pasti ada. Bahkan,  siapa pun Paslon yang ditetapkan oleh KPU sebagai bupati-wakil bupati sintang nanti, pihaknya tetap melakukan pengamanan,” tuturnya.

Kapolres mengatakan, untuk pengiriman logistik surat suara dari tingkat PPK ke KPU dikawal ketat oleh aparat kepolisian. “Kita ada 14 kecamatan. Semua pengiriman mandapatkan pengawalan, sejauh ini belum ada kendala,”paparnya.

Terkait dugaan pelanggaran Pilkada, Kapolres menyatakan pihaknya belum ada menerima laporan atau pun pengaduan yang masuk ke Gakkumdu. Meskipun demikian, ia tetap berharap Pilkada Sintang tanpa adanya kecurangan yang dapat di proses Gakkumdu. “Ya, harapan kita semua lancar, aman dan kondusif. Jika ada yang masuk ke ranah Gakkumdu kami dari kepolisian siap memprosesnya,” kata kapolres.

Menurut Kapolres, semua bentuk pelanggaran pilkada akan dikaji oleh Panwaslu Sintang. Apakah masuk ranah pidana atau administrasi, jika pidana maka Gakkumdu bertindak. Jika administrasi Panwaslu akan merekomendasikan hal itu kepada pihak KPU selaku penyelenggara.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakaty untuk tidaka terfokus dengan hasil entri from C1 yang ada di website KPU. Sebab, hasil yang ada di website belum bisa dikatakan data rill. “Lebih baik kita menunggu hasil rapat pleno KPU,  website tidak bisa dipertanggungjawabkan,”pungkasnya.