Puluhan Warga Telaga 1 SP 2 Binjai Keracunan Massal

0
1830
puluhan Pasien Korban Keracunan massal dirawat di ruang UGD RSUD Sintang
puluhan Pasien Korban Keracunan massal dirawat di ruang UGD RSUD Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Puluhan warga  yang terdiri dari anak-anak dan ibu-ibu warga telaga 1 sp 2 Kecamatan Binjai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, terpaksa dilarikan kerumah sakit usai mengalami keracunan massal

Sejumlah orang tua korban mengaku penyebab keracunan tersebut setelah menyantap berbagai jenis kue saat menghadiri hari ulang tahun anak tetangganya. Usai menyantap lantas, sejumlah anak mulai mengalai pusing, mual dan muntah-muntah.

Satu diantara orang tua pasien, edi menungkapkan, anaknya yang bernama widia (3,7) tahun juga mengalami muntah-muntah, setelah mengonsumsi kue ulang tahun tersebut. Muntah-muntah yang di alami oleh anaknya itu berlangsung berkali kali, sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit. Bahkan sepanjang jalan, menuju rumah sakit rsud ade m djoan Sintang kondisnya terus mengalami muntah dan buang air.

“Anak saya makan kue itu satu gigitan lah, kue yang dimakannya itu jenisnya kue lapis coklat,”katanya.

Sementara Dokter umum RSUD Ade M Djon Yovita mengatakan, sekitar 42 orang terpaksa dirawat karena kondisi sejumlah pasien belum stabil dan penanganan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit saat ini sesuai dengan keluhan korban keracunan. Semua pasien diinfus guna menambah cairan tubuh, karena pasien ini mengalami muntah dan diare.

“Pasien yang di rawat inap yaitu jumlahnya ada 27,sementara yang rawat jalan ada 15 pasien, Penganan yang kita lakukan, tentu sesuai dengan keluhan. Kemudian pasien yang dirawat inap, kita infus untuk menambah cairan tubuh, karena pasien ini mengalami muntah dan diare,”Ucapnya

Selain perawatan dirumah sakit Ade M Djoen, sejumlah pasien juga masih menjalani perawatan dipuskesmas kecamatan binjai hulu dan hingga saat ini pihak medis rumah sakit belum bisa menyimpulkan penyebab puluhan anak tersebebut mengalami keracunan.